Pemimpin Harus Bermental Kuat

WONOSOBOZONE – Menjadi pemimpin itu harus punya fisik yang sehat, bermental yang kuat, memiliki jiwa spiritual yang mumpuni dan bisa menguasai informasi.
.
Demikian semangat yang diusung Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Wonosobo saat menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di komplek Surya Yudha Park (SYP) Banjarnegara, kemarin.
.
Kepala MAN 1 Wonosobo Drs Warsam mengatakan LDK dilaksanakan dalam rangka membekali pengurus OSIS baru perihal ketrampilan berorganisasi, jiwa kepemimpinan dan semangat nasionalisme sebelum mereka melaksanakan program kerja Osis ke depan.
.
“Karena peserta yang ikut LDK adalah pengurus baru Osis hasil reorganisasi yang berlangsung belum lama ini”, katanya.
.
Sementara itu, Ketua Panitia LDK Osis MAN 1 Wonosobo, Teguh Widodo S Sn, melaporkan LDK diikuti oleh 53 peserta. Mereka adalah 35 siswa pengurus Osis baru yang rata-rata masih duduk di kelas X (kelas 1) dan kelas XI (kelas 2) serta 18 siswa pengurus Osis lama yang sudah duduk di kelas XII atau kelas 3.
.
Selamat mengikuti LDK yang digelar selama dua hari itu, peserta mendapat materi tentang pendidikan kepemimpinan, jiwa kesetiakawanan, tata upacara dan semangat nasionalisme serta sikap ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
.
Selain itu, peserta juga memperoleh materi berupa literasi media, etos kerja, teori dan praktek berorganisasi. Adapun bertindak sebagai pemateri Dahri (anggota TNI dari Kodim 0707 Wonosobo), Teguh Widodo, Suyatno, Syarif Hidayat (pembina OSIS MAN 1) dan Muharno Zarka (wartawan Tabloid CEMPAKA). LDK dipungkasi dengan nonton bareng film bertema nasionalsme dan outbond bermain air di arena permainan air Surya Yudha Park.

Ketua Osis MAN 1 Wonosobo, Lutfi Maulana mengaku senang dengan kegiatan LDK dan outbond. Pasalnya dari kegiatan tersebut peserta ditempa dengan jiwa nasionalisme dan semangat kebersamaan yang kuat. “Di luar itu peserta juga mendapat ilmu tentang bagaimana menjalankan roda organisasi yang baik dan penguasaan informasi di zaman now (masa kini)”, katanya.

BACA JUGA:  Rawan Bencana, BPBD Wonosobo Harus Dinaikkan Menjadi Tipe A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here