Pemilihan Ketua RW Wujud Nyata Pembelajaran Demokrasi

WONOSOBOZONE.COM – Dalam upaya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi secara cerdas dalam kehidupan berdemokrasi, jajaran pengurus RT menggelar pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) lingkungan Singkir Kelurahan Jaraksari Kecamatan Wonosobo.

Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 04 Singkir diikuti oleh perwakilan segenap warga yang mendapat undangan dengan jumlah pemilih 405 Kepala Keluarga. Nama kandidat calon ketua RW ditulis di whiteboard. Lembar-lembar kertas guna menuliskan calon pilihan juga dibagikan kepada warga sesuai dengan urut nomer absen. Adapun Calon no urut 1 atas nama Suprapto sedangkan calon no urut 2 atas nama Isman Suryanto.
.
Pemilihan ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, kemudian pada pukul 13.00 WIB dilakukan penghitungan suara. Alhamdulillah pemilihan berjalan lancar dan antusiasme warga kali ini cukup tinggi,” kata Ketua pemilihan Purnomo disela-sela kegiatan, Minggu (23/2) siang.

Sejumlah warga terlihat antusias mendatangi tempat pemungutan suara yang digelar dihalaman masjid setempat, Minggu (23/2).
Foto : Wahyu Tri Atmojo/wonosobozone.com


Terpisah, Lurah Jaraksari Akhmad Nuri Utomo mengapresiasi penuh kepada warga RW 04 Singkir yang telah melaksanakan Pemilihan Ketua RW. Menurutnya secara langsung hal ini merupakan pembelajaran demokrasi bagi warga masyarakat.
.
Ia menyebut, sesuai Perbup 12 tahun 2012 memang untuk jabatan Ketua RW dan Ketua RT adalah 3 tahun, jadi Pemilihan Ketua RW ini merupakan salah satu upaya melaksanakan Perbup tersebut.
.
Masyarakatpun bisa lebih mengetahui bahwa, masa jabatan Ketua RW dan Ketua RT itu ada batasnya, jadi bukan merupakan jabatan yang tanpa batas,” terangnya.
.
Nuri berharap, siapapun yang terpilih dapat momong dan melayani masyarakat dengan sebaik baiknya, tanpa membedakan status apapun. Kemudian yang lebih penting lagi adalah dapat membantu Lurah dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
.
Selanjutnya siapapun yang terpilih, masyarakat harus mendukung apa yang menjadi program Ketua RW, karena sebaik apapun Program Ketua RW, jika tidak didukung warga, maka akan sia sia program tersebut,” pungkasnya. (why)

BACA JUGA:  TPQ Baitul Mujahidin Outbound di Tanjungsari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.