Pemda Siap Laksanakan Pilkades Serentak di 166 Desa

WONOSOBOZONE – Pilkades  sentak di wilayah Wonosobo sebentar lagi akan dilaksanakan, yaitu pada tanggal 12 Desember 2018 dengan jumlah desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa sejumlah 166 desa.  Dalam rangka mengecek kesiapan pemilihan Kades tersebut Pemda Wonosobo melalui Kesbangpol menyelenggarakan rapat koordinasi bertempat di ruang Mangunkusumo. (3/12).


Bupati Wonosobo Eko Purnomo SE, MM dalam pembukaannya menyampaikan  melihat forum ini, sangat strategis, sebagai upaya menjalin silaturahmi dan koordinasi yang lebih awal, khususnya dalam rangka mensukseskan Pilkada serentak di Kabupaten Wonosobo ini.


Kita ketahui bersama, Pemilihan Kepala desa serentak adalah satu proses pemilihan kepala desa langsung oleh masyarakat  sangat potensi menimbulkan gesekan-gesekan antar pendukung.  Belajar dari pengalaman pelaksanaan Pilkada yang telah kita laksanakan sebelumnya, maka sudah sewajamya apabila kita mengupayakan antisipasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.
Demi terwujudnya kondisi di daerah terrsebut, sudah menjadi kewajiban kita untuk saling bekerjasama. dilaksanakan, khususnya bagi panitia pemilihan dengan pihak panitia kecamatan.


Saya menyambut baik koordinasi yang kita laksanakan pada hari ini, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi terciptanya kerjasama yang sinergis antara aparatur pemerintah, aparatur keamanan maupun para pelaksana di tingkat desa. Terhadap dinamika dan mekanisme demokrasi yang berkembang di tengah masyarakat.
 
Kepala Kesbangpol Wonosobo A.Didiek Wibawanto S.Sos MM selaku panitia penyelenggara melaporkan bahwa lewat Rapat koordinasi ini diharapkan dalam pelaksanaan Pilkades yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2018.

Apabila ada permasalahan atau hal-hal yang berpotensi menjadikan konflik, saya harap bisa disikapi dengan bijaksana. sehingga bisa meminimalisir gesekan-gesekan yang mungkin terjadi.


Kasdim 0707/Wonosobo  Mayor Inf Joko Susilo selaku narasumber menyampaikan tentang kesiapan Kodim 0707/Wonosobo dalam rangka membantu Pemda menyukseskan pelaksanaan Pilkades bahwa Pemilu adalah “Transmision of Belt “sehingga pemilu perlu diselenggarakan baik dari tingkat pusat maupun sampai ke tingkat desa diharapakan peran aktif dalam pilkades ini. Dalam pelaksaannya TNI mempunyai tugas ikut mengamankan dalam pelaksanaannya agar situasi aman dan lancar.


Menurut Kasdim bahwa indikator keberhasilan dari Pilkades adalah saat pelaksanaan aman sesuai dengan prosedur, tidak terjadi Intimidasi, tidak ada kerusuhan antar pendukung, tidak ada Sabotase, tidak ada demo anarkhis.
Peran TNI  dalam membantu Polri  untuk mendukung kesuksesan  pelaksanaan  pilkades adalah membackup peran kepolisian dalam memberikan jaminan keamanan dan rasa aman bagi seluruh masyarakat wonosobo untuk melaksanakan pilkades. Siap memberikan bantuan kepada kepolisian dalam melaksanakan pengamanan fisik selama kampanye, pemungutan suara, dan perhitungan suara.


Pesan agar pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai harapan maka kepada aparat tidak ada ego sektoral di masing-masing instansi dalam menjalankan kewenangnnya di lapangan. Melaksanakan sosialisasi dan penciptaan kondisi sesuai dengan kewenangan dan tugas masing-masing. Mewujudkan sikap dan komitmen netralitas aparat pemerintahan secara nyata dan bertanggung jawab pada pelaksanaan pemilu. Harus selalu mendukung dan membangun kebersamaan demi terciptanya keutuhan NKRI. 

Sambutan Wakapolres Wonosobo  Kompol Sopanah S.IK menyampaikan bahwa Polres Wonosobo dalam pelaksanaanya akan bersifat preemtif didukung dengan tidakan preventif yaitu pencegahan dan diteksi dini dengan patroli dan penegakan hukum.
Polres Wonosobo akan melakukan sistim inteligent yaitu akan dengan melakukan diteksi dini dan pecegahan agar hal-hal yang mencoba menghalangi pelaksanaanya  Pilkades bisa kita amankan dan diproses sesuai hukum yang berlaku.
BACA JUGA:  Kecamatan Leksono Gelar Jagong Budaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.