Pelaksanaan UTBK Hari Pertama dan Kedua di Magelang Berjalan Lancar

MAGELANG – Ribuan peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Hari pertama dan kedua di Pusat UTBK Universitas Tidar , Sabtu (13/4/2019) dan Minggu (14/4/2019) berjalan lancar.

Dari 1.740 peserta, sebagian besar hadir mengikuti ujian. Sementara 147 orang lainnya tidak hadir. Pelaksanaan UTBK resmi dimulai Sabtu, 13 April 2019 dan berakhir pada 26 Mei 2019 terdiri dari 10 hari pelaksanaan terdiri dari 20 sesi ujian.

Rektor Untidar, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc, mengatakan, target peserta yang melaksanakan ujian pada sesi 1- 4 ini sebanyak 1740 peserta, meski ada 8,45% peserta tidak hadir yaitu sebanyak 147 peserta.

“Meski ada yang tidak hadir, pelaksanaan UTBK berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala berarti,” kata Mukh Arifin, Minggu (14/4/2019) saat meninjau lokasi UTBK di SMA Negeri 1 Magelang, Kota Magelang.

Dia mengatakan, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ini berbeda dengan yang sebelumnya, dengan adanya UTBK. Ujian tak lagi manual menggunakan kertas, tetapi menggunakan komputer.

“Hasilnya pun dapat dilihat 10 hari setelah pelaksanaan ujian. Nilai hasil UTBK inilah yang nantinya menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si, mengatakan, pelaksanaan UTBK bekerjasama dengan empat sekolah di Kota Magelang, yakni SMA N 1 Magelang, SMA N 4 Magelang, SMK N 1 Magelang dan Man 1 Kota Magelang.

“Jumlah komputer di UNTIDAR masih terbatas maka itu kami bekerjasama dengan 4 mitra sekolah di Kota Magelang. Jumlah komputer dari 5 lokasi ujian ini total 435 buah. Dalam 1 hari dilaksanakan 2 sesi ujian, pagi dan siang jadi total peserta ujian UTBK UNTIDAR dalam 1 hari sebanyak 870 peserta,” tutur

UTBK dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu agar tidak mengganggu kegiatan akademik di kampus dan sekolah.

BACA JUGA:  DIDUGA MINDER DENGAN ORANG LAIN, SEORANG WARGA NEKAT GANTUNG DIRI DI KANDANG SAPI

“Total peserta yang memililih lokasi ujian di Pusat UTBK Untidar sebanyak 8700 peserta, kuota ini habis pada hari ke-3 hingga ke-4 pembukaan pendaftaran. Tingginya peminat memungkinkan tahun depan Untidar akan menggandeng lebih banyak mitra untuk meningkatkan kuota,” imbuhnya.

Artikel dikutip dari Tribunjogja.com Penulis Rendika/Ari Nugroho, link
http://jogja.tribunnews.com/2019/04/14/utbk-hari-pertama-dan-kedua-di-magelang-berjalan-lancar

Pelaksanaan UTBK Hari Pertama dan Kedua di Magelang Berjalan Lancar

MAGELANG – Sebanyak 2.655 orang pemilih yang sebagian besar mereka adalah para santri yang sedang belajar di pondok pesantren di wilayah ini. Ribuan santri tercatat masuk ke Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang Afiffudin mengatakan, para pemilih yang masuk tersebut terdiri dari pemilih laki-laki 1.369 orang dan perempuan 1.286 orang. Adapun total jumlah DPTHP-2 di Kabupaten Magelang ada 988.879 orang pemilih.

“Dari total pemilih masuk tersebut, ada 556 pemilih berdomisili di Kecamatan Tegalrejo dan 482 ada di Kecamatan Sawangan. Mayoritas santri dan mahasiswa,” jelas Afif, Minggu (14/4/2019).

Kemudian untuk pemilih yang keluar sebanyak 4.032 orang, terdiri dari perempuan 2.054 orang dan laki-laki 1.978 orang. Para pemilih keluar beralasan merantau, bekerja dan sekolah.

Secara terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Sholeh mengatakan, potensi besar pemilih yang memanfaatkan formulir A5 untuk pencoblosan antara lain santri, mahasiswa dan warga pindahan.

“Kami telah meminta data A5 by name ke KPU. Jadi sebelum pemilu dimulai, pengawas tingkat kecamatan dan TPS sudah pegang data dan memetakannya. Kalau biasanya pegang data hari H,” jelas Habib.

Dengan demikian, pada saat pencoblosan dan perhitungan suara tanggal 17 April 2019, potensi kesalahan bisa diminimalisasi.

Artikel dikutip dari kompas.com Penulis: Ika Fitriana
Editor: Farid Assifa
https://regional.kompas.com/read/2019/04/14/11224341/santri-dominasi-pemilih-pendatang-di-magelang

BACA JUGA:  Diskominfo Gelar Pelatihan Managemen Data
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.