Pelajar Diimbau Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun

 

WONOSOBOZONE – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, Ny Fairuz Eko Purnomo mengingatkan kembali para pelajar untuk tidak melupakan pentingnya mencuci tangan pakai sabun. Dalam acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) sedunia di SMP Negeri 1 Leksono, Jumat (20/10) Fairuz mengungkap peran kedua tangan bagi kesehatan seorang manusia. “Tangan bisa menjadi sumber penyakit, karena di tangan lah bakteri maupun virus banyak bersarang tanpa kita merasakan, sehingga  amat penting untuk dijaga kebersihannya dengan secara rutin mencuci memakai sabun,” tutur Fairuz kepada ratusan siswa SMP Negeri 1 Leksono.

 

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Bu Ve itu juga menandaskan kebiasaan mencuci tangan yang dimulai sejak dini, akan memunculkan budaya positif, termasuk meningkatnya kesadaran untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat di keluarga. Para pelajar, khususnya di SMP Negeri 1 Leksono menurut Fairuz bisa berperan sebagai agen yang menebar kebiasaan baik di lingkungan, dengan memulainya dari lingkup keluarga masing-masing. “Jadi jangan hanya di lingkungan sekolah saja kebiasaan mencuci tangan pakai sabun ini dilakukan, melainkan ketika sampai di rumah harus juga diusahakan untuk dapat ditularkan kepada saudara, bahkan orang tua dan kerabat terdekat,” lanjutnya. Secara umum, Fairuz juga mengaku memberikan imbauan kepada jajaran pengurus PKK sampai ke tingkat desa untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun agar seluruh warga masyarakat Wonosobo juga memiliki kebiasaan baik tersebut.

 

Senada, Camat Leksono Agus Fajar Wibowo yang dalam kesempatan itu diminta memandu para siswa untuk memahami pola cuci tangan pakai sabun yang benar, juga menyebutkan perlunya pelajar memulai budaya hidup bersih. “Kesehatan diri berawal dari kebersihan yang terjaga secara baik, termasuk salah satunya dengan membiasakan cuci tangan baik sebelum makan, sesudah makan, setelah buang air, sampai setiap akan masuk ke rumah setelah beraktivitas di luar,” terangnya.  Beragam penyakit, seperti diare hingga infeksi saluran pernafasan atas, menurut Agus akan dapat dicegah apabila kebiasaan mencuci tangan memakai sabun benar-benar diterapkan rutin dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:  Chef Profesional Dituntut Untuk Berfikir Kreatif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.