Caption: BUKA.Para santri menyaksikan pembukaan pekan Madaris Rifaiyah ke-12 di Ngariman, Kertek, kemarin (16/9) . Foto Erwin Abdillah/wonosobo ekspres

413 Peserta Dan 192 Official Disediakan Maktab

WONOSOBOZONE – Sebanyak 413 santri dari 24 lembaga Madin maupun TPQ Rifaiyah se-Wonosobo mengikuti 13 lomba dalam pekan Madaris Rifaiyah ke-12 di dusun Ngariman, desa Purwojati, kecamatan Kertek dimulai Jumat (16/9). Agenda tahunan yang telah berlangsung sejak 1998 tersebut menjadi salah satu agenda besar Rifaiyah dan seluruh panitia dari ranting Ngariman menyambut antusias dengan mempersiapkan tempat, mengingat para peserta diwajibkan untuk menginap di maktab-maktab yang telah disediakan. Menurut Supandi, selaku ketua panitia, tempat istirahat atau maktab telah disediakan dan dipisah untuk putra dan putri sekaligus dengan kebutuhan makanan.

“Pada Pekan Madaris Rifaiyah Kali ini ada 24 lembaga, bertambah dari tahun lalu yang berjumlah 19 lembaga dan selain 413 peserta ada 192 orang official dan 45 juri yang telah berkoordinasi untuk lomba-lomba. Kami berharap semua peserta merasa nyaman dengan tempat dan fasilitas yang telah disediakan warga setempat,” ungkap Supandi.

Agenda yang diadakan hingga Sabtu (17/9) malam tersebut, rencananya akan ditutup dengan malam Cinta Rosul bersama Ahbaburrosul diisi dengan tabligh akbar dan shalawat yang juga akan dihadiri oleh Wakil bupati Agus Subagiyo. Menurut salah satu panitia, Ust Mufid Fatah, kegiatan tersebut menjadi momen untuk memupuk kebersamaan sekaligus memotivasi para santri di seluruh Wonosobo untuk lebih giat belajar agama.

“Peserta termuda berasal dari usia TK hingga usia 18 tahun. Tahun ini mengangkat tema Membina Silaturahmi Meraih Prestasi, sesuai dengan tujuan diadakannya pekan Madaris ini,” ungkapnya.

Tak hanya itu, para peserta juga didorong untuk tampil dengan sebaik-baiknya sehingga baik menang ataupun kalah, tetap bangga telah memberikan kemampuannya. Mengingat mereka telah berlatih keras selama beberapa minggu sebelumnya. Seperti yang diungkapkan Kiyai Muhammad Khafidin selaku Wakil Pimpinan Daerah Rifaiyah yang membuka pekan Madaris dengan memotivasi para santri.

“Jangan sampai turun mental saat tampil di lomba nanti dan harus berjuang untuk meraih prestasi. Yang belum menang jangan kecewa karena sudah berani mewakili lembaganya dan usahakan tampilkan yang terbaik seperti yang telah dilatih beebrapa minggu sebelumnya,” ungkapnya sambil bertanya siapa yang siap menjadi pemenang.

Seluruh santri putra dan putri peserta pekan Madaris mengacungkan telunjuknya dan menyatakan siap untuk menjadi pemenang. Beberapa lomba termasuk hafalan surat, doa, dan nadhom selain itu ada juga khitobiyah, tilawah, murotal, adzan dan membaca kitab yang dipusatkan di beberapa mushala dan TPQ di Ngariman. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here