PDAM Kejar Target Aliri Kalibawang Mulai 2017

WONOSOBOZONE – PDAM Tirta Aji Kabupaten Wonosobo berulang tahun ke-41. Dalam rentang waktu tersebut, perusahaan milik Pemkab Wonosobo itu telah melayani tak kurang dari 85.000 pelanggan di seluruh wilayah Wonosobo. Namun demikian, Direktur Utama PDAM Tirta Aji, Retnoningsih mengakui bahwa pihaknya masih belum bisa melayani pelanggan di 1 wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Kalibawang. Momentum HUT Ke-41, ditegaskan Retno memotivasi jajarannya untuk menuntaskan pekerjaan rumah tersebut. “Target kami bisa melayani air bersih bagi pelanggan di Kecamatan Kalibawang mulai Tahun 2017 ini, dengan memanfaatkan sumber mata air yang ada,” tegas Retno dalam acara PDAM menanam bersama Wabup dan Jajaran Forkominda Kabupaten Wonosobo, di area Telaga Cebong, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Rabu (1/2).
Retno menyebut PDAM Tirta Aji saat ini memiliki 31 sumber mata air, namun baru 20 mata air yang dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan air bersih bagi pelanggan. Jumlah tersebut, menurutnya akan terus ditambah dengan berbagai upaya, termasuk diantaranya melalui penanaman di wilayah – wilayah tanggapan air (Water Catchment Area). “Kawasan Dieng ini menjadi salah satu wilayah tankapan air yang selayaknya kita lestarikan dengan menambah jumlah tanaman keras,” imbuh Retno. Di sekitar telaga Cebong, Retno mengatakan PDAM Tirta Aji mengalokasikan 1060 tanaman jenis Cemeti dan Mahoni.
“Jumlah total pohon yang kami tanam bersama Dinas Pariwisata dan LMDH adalah 3060 batang, terdiri dari 1000 Cemeti, dan 2060 Mahoni,” bebernya. Sebanyak 2.000 batang Mahoni, dikatakan Retno akan ditanam di Wilayah Watumalang. Selama setahun 2017 ini, pihak PDAM disebut Retno menganggarkan untuk menanam 10.000 batang bibit tanaman keras sebagai upaya meningkatkan tangkapan air dan melestarikan lingkungan. Hal itu, diyakini Retno akan memudahkan PDAM untuk memberikan layanan optimal, khususnya bagi 3.000 calon pelanggan baru yang telah masuk dalam daftar tunggu.
Usaha keras PDAM Tirta Aji Wonosobo untuk terus meningkatkan cakupan layanan dan menambah jumlah mata air disambut positif berbagai pihak. Selain Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo yang memuji inisiatif melestarikan lingkungan dengan menggiatkan gerakan menanam, perwakilan dari Persatuan perusahaan air minum seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Tengah pun mengapresiasi kinerja Tirta Aji. “Menambah tangkapan air melalui program menanam ini menjadi salah satu wujud dari rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa, sehingga kita semua berharap agar ke depan kinerja PDAM Tirta Aji Wonosobo semakin optimal, seiring dengan bertambahnya  mata air sebagai sumber utama layanan kepada pelanggan,” kata Yulianto, pengurus DPD Perpamsi Jawa Tengah ketika diminta menanggapi langkah perusahaan yang berdiri pada 3 Februari 1976 itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here