Pawon Promosikan Kesenian dan Pariwisata di Malaysia

KUALA LUMPUR – Tak hanya bersilaturahmi, Paguyuban Wonosobo (Pawon) pada Kopdar yang ke-10 di Malaysia turut memperkenalkan kesenian tradisional beserta pariwisata yang ada di Wonosobo. Dihadapan ratusan tamu undangan yang terdiri dari warga Indonesia yang ada di Malaysia, penduduk setempa, KBRI Malaysia, anggota Pawon dan Migran Care, Ketua Pawon Korwil Malaysia, Widianto menyebut kesenian khas Wonosobo layak mendunia. “Apalagi Wonosobo didukung dengan adanya pariwisata yang begitu istimewa. Bakalan mampu untuk populer di kancah Internasional,” ungkap Pria yang akrab dengan sebutan Wid dalam sambutannya yang diselenggarakan di Resto Kristal Dataran Merdeka, Kuala Lumpur Malaysia, Selasa (1/1/2019).

.

Dengan adanya kegiatan yang bertajuk ‘Temu Kangen dan Pentas Seni Budaya Wonosobo’ itu, Wid berharap Wonosobo dapat dikenal dunia melalui keseniannya dan beberapa puluhan destinasi pariwisatanya selain Dieng. “Selain itu juga semoga silaturahmi kami antar anggota dan antar penduduk disini semakin erat, semakin kompak dan semakin peduli terhadap sesama,” tandasnya.

.

Upaya luar biasa dari Pawon Malaysia mendapat respon positif dari salah satu pegiat Pariwisata Wonosobo, Oninl Wiyono. Oni yang juga turut hadir dalam temu kangen itu mengatakan kekompakan Pawon dalam turut serta mempromosikan kekayaan Wonosobo layak mendapat dukungan dari berbagai pihak. Selain itu, lanjut Oni, seluruh warga Wonosobo yang kebetulan berdomisili di luar kota maupun tengah berlibur di luar kota, juga dapat mempromosikan kepada siapapun yang ditemui. “Tak hanya Pawon saja, kita juga sebagai warga Wonosobo akan lebih baik ketika bertemu siapapun di luar sana mengenalkan apa yang Wonosobo miliki,” beber Pria yang pernah menjadi pegawai Dinas Pariwisata Wonosobo selama 22 tahun.

.

Senada dengan Oni, Ketua Pawon Sedunia, Joko Prio Atmojo mengapresiasi positif atas kegiatan yang dilakukan Pawon wilayah Malaysia. Pria yang akrab dengan sapaan JokonSableng itu mengaku terkejut ketika mendapat undangan untuk menghadiri acara tersebut. “Sebenarnya banyak anggota Pawon yang di negeri-negeri tetangga seperti Pawon wilayah Thailand, Taiwan, hongkong, Brunei bahkan Korea dan Jepang. Namun untuk Pawon Malaysia ini cukup aktif, sehingga layak disupport penuh,” kata Joko.

BACA JUGA:  Aceng Warga Wonosobo Pecahkan Rekor Muri Lagi

.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Joko berharap Pawon wilayah lain dapat termotivasi untuk melakukan hal yang serupa dalam mempererat kebersamaan dan mengenalkan Wonosobo kepada dunia. (Ard).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.