PASKIBRA Kabupaten Wonosobo Tahun 2016 Resmi Dikukuhkan

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, secara resmi mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Kabupaten Wonosobo tahun 2016, yang akan bertugas pada upacara pengibaran dan penurunan bendera HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 71 pada 17 Agustus mendatang.
Sebanyak 33 anggota PASKIBRA, yang telah mengikuti latihan keras sejak 21 Juli ini, secara resmi dikukuhkan Bupati di hadapan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah serta kepala sekolah yang siswanya ikut menjadi anggota PASKIBRA, pada hari Selasa, 16 Agustus di Pendopo Kabupaten Wonosobo.
Dalam sambutan pengarahannya, Eko menyampaikan bahwa para anggota PASKIBRA harus punya rasa kebanggaan tersendiri sebab menjadi orang-orang terpilih sebagai anggota PASKIBRA di antara ribuan generasi muda di Wonosobo.
Hal ini adalah prestasi sekaligus tantangan buat mereka, sebab selain sebagai sebuah kebanggaan, didalamnya ada tanggung jawab yang berat demi keberhasilan pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi dan aubade peringatan HUT ke-71 RI tahun 2016.
Untuk itu, Eko meminta, semua anggota PASKIBRA bisa memikul tanggung jawab ini dengan baik dan penuh kesungguhan, disertai dengan jiwa nasionalisme dan patriotisme yang wajib dimiliki mereka, serta menanamkan di hati mereka prinsip rela berkorban demi keutuhan Bangsa dan Negara Republik Indonesia, dengan mengharumkan nama keluarga, masyarakat, daerah, bangsa, dan negara, serta berusaha menjadi teladan yang baik bagi umat manusia dimanapun mereka berada.
Tahun ini, anggota PASKIBRA terbanyak berasal dari SMAN 1 Wonosobo sebanyak 9 siswa, disusul SMAN 2 Wonosobo sebanyak 7 siswa. 
Dari SMA Muhammadiyah diwakili 4 siswa, sisanya dari SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo sebanyak 3 siswa, SMKN 1 Wonosobo 3 siswa, SMA N 1 Mojotengah sebanyak 2 siswa, dan masing-masing diwakili satu siswa dari SMKN 2 Wonosobo, SMA Takhassus, MAN 1 Wonosobo, SMA Kristen dan SMAN 1 Kertek.
Dalam pengukuhan tersebut, setiap anak mencium bendera merah putih, tanda kesiapan mereka untuk bekerja keras mensukseskan upacara detik-detik Proklamasi dan aubade peringatan HUT ke-71 RI tahun 2016 serta sebagai pengingat akan perjuangan para pahlawan pendahulu bangsa yang rela berkorban demi sang merah putih dalam mencapai Kemerdekaan Indonesia.
Sementara Kapten.Inf.Sutiyo, selaku penanggung jawab tim kepelatihan, mengungkapkan ia bersama tiga pelatih dari KODIM 0707 lainnya, yakni Serma Dahriyanto, Serma Sutardi dan Serka Beni RS, sudah mempersiapkan dengan seksama agar paskibra tahun ini lebih optimal, termasuk dengan mempertimbangkan dan mempersiapkan langkah antisipasi jika terjadi hal-hal yang bisa mengganggu jalannya upacara, termasuk kesiapan sarana prasarana upacara dengan melibatkan berbagai instansi terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here