PASAR REJOWINANGUN KOTA MAGELANG DIRESMIKAN MENJADI PASAR BERSTANDAR NASIONAL KE-30

MAGELANG – Pasar Rejowinangun Kota Magelang mendapatkan predikat sebagai pasar rakyat berstandar nasional atau Standar Nasional Indonesia (SNI:8152 :2015) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) , Selasa (12/2/2019).

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, BSN, Zakiyah mengatakan, standardisasi pasar ini sejalan dengan revitalisasi program Kementerian Perdagangan dalam lima tahun ada 5.000 pasar, tetapi revitalisasi bukan dalam konsep pembangunan namun pasar harus bermutu. Untuk SNI bagi pasar ini ada tiga hal, pertama mengubah image dari pasar rakyat harus bersih, sehat dan aman.

“Jadi SNI seperti yang sudah disampaikan ada tiga hal. Bagaimana sebenarnya mengubah image pasar yang kurang diminati, membangun persyaratan umumnya bahwa pasar harus bersih, sehat, aman dan sebagainya. Nah itu, yang akan dirubah,” kata Zakiyah. 

Zakiyah menambahkan, Pasar Rejowinangun menjadi pasar rakyat yang ke-30 di Indonesia dan ke-5 di Provinsi Jawa Tengah yang mendapat predikat pasar berstandar nasional.

“Pasar Rejowinangun menjadi ke-30 penerima SNI:8152 :2015 Pasar Rakyat sebagai Pasar Berstandar Nasional. DKI yang paling banyak ada 17, Jawa Tengah 5, Kalimantan 1, Bali dan Padang,” imbuhnya.

Setiap tahunnya, BSN memiliki program memfasilitasi yang bekerja sama dengan mitra BSN untuk meningkatkan SNI pasar rakyat. Penerapan SNI pasar rakyat tersebut bukan hanya di pulau Jawa saja, namun di pulau-pulau lainnya di Indonesia. BSN bahkan menargetkan sebanyak 45 pasar rakyat di tahun 2019 memiliki standar nasional indonesia.

“Pemantauan akan dilakukan dari Lembaga Sertifikasi yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional, dimana sertifikasi SNI pasar rakyat hanya berlaku selama 3 tahun, dan terus dipantau setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina mengapresiasi atas sertifikat SNI yang telah diraih Pasar Rejowinangun Kota Magelang.

BACA JUGA:  Dua Pekan Menjelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Terpantau Masih Stabil

“Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kota Magelang. Kami berharap pengelola, pedagang dan pengunjung tetap menjaga kebersihan pasar. Harapan kami nantinya pasar ini menjadi destinasi wisata,” katanya.

Artikel ini dikutip dari detik.com dengan judul “Pasar Rejowinangun Magelang Jadi Pasar Berstandar Nasional Ke-30” Penulis Eko susanto, link
https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4425022/pasar-rejowinangun-magelang-jadi-pasar-berstandar-nasional-ke-30

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.