Parade Kuda Kepang Kejutkan Wisatawan

WONOSOBOZONE – Gelar parade Kuda Kepang yang dihelat dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-71, Sabtu (22/10) mampu menghadirkan hiburan, tak hanya bagi warga masyarakat Wonosobo. Sejumlah wisatawan, baik dari dalam Negeri maupun dari mancanegara pun dibuat terkejut dengan aksi ratusan penari kuda kepang yang memulai parade dari perempatan honggoderpo jalan A Yani, dan berakhir dengan pentas di depan Markas Kodim 0707 Wonosobo itu. Tak kurang dari 34 grup kesenian kuda kepang dari berbagai desa di 15 Kecamatan yang tampil sangat atraktif, berhasil menarik antusiasme ribuan penonton yang sudah memadati sepanjang rute parade sejak pagi.
“Bagus dan sangat menghibur, kostumnya variatif, gerakannya juga sangat kompak,” ungkap Nurwahid (33), wisatawan asal Sukabumi Jawa Barat, yang menginap di salah satu hotel di Jalan A Yani. Wahid yang bersama keluarga besar mengaku baru saja turun dari Dieng tak menyangka acara liburan selama 3 hari di Wonosobo mendapat bonus atraksi parade Kuda Kepang. Hal senada juga dikatakan Weni Aryanti (38), pegawai Kementerian PAN dan RB yang bersama teman-teman kantornya mengaku baru tiba dari Jakarta untuk berakhir pekan di Wonosobo. “Baru mau cari sarapan di alun-alun Kota, ternyata malah dapat hiburan gratis parade Kuda kepang,” tutur Weni yang tak menyiakan kesempatan langka itu untuk berswa foto bersama teman-teman nya.
Sambutan positif dari warga masyarakat maupun wisatawan terhadap gelar parade Kuda kepang, menurut Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo selayaknya memantik semangat para pelaku industri pariwisata di Wonosobo. Wonosobo, yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami lonjakan jumlah kunjungan wisatawan, diakui Agus memang harus menambah destinasi objek wisata, termasuk mengintensifkan gelar seni dan budaya. 
“Inisiatif Kodim 0707 yang mengajak  Kantor Parekraf dan Dikbudpora untuk menggelar Parade Kuda Kepang dalam rangka merayakan HUT TNI ini saya apresiasi, dan kita berharap di tahun mendatang bisa kembali digelar,” tandas Agus. Semakin semaraknya Wonosobo dengan gelar kesenian dan budaya, diyakini Agus bakal mampu menarik minat wisatawan untuk datang dan berkunjung, tak hanya ke objek wisata, tapi juga untuk menikmati seni dan tradisinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here