PANSUS DPRD SEPAKATI 26 FEBRUARI 1571 SEBAGAI HARI JADI

BANJARNEGARA – Melalui proses panjang dengan minimnya sumber literatur tertulis, Akhirnya Panitia Khusus (Pansus) 2 DPRD Banjarnegara menyepakati tanggal 26 Februari 1571 sebagai Hari Jadi Banjarnegara.

Hari Jadi Banjarnegara yang diperingati setiap 22 Agustus adalah tanda dimulainya kekuasaan kolonial Belanda secara administratif terhadap Banjarnegara pada tahun 1831.

Dikutip dari suaramerdeka.com, Ahli sejarah Prof. Sugeng Priyadi, mengungkapkan, bahwa tanggal 26 Februari 1571 bertepatan dengan 1 Syawal 978 Hijriyah. Menurutnya, Jaka Kaiman pada tanggal 27 Ramadhan menghadap Sultan Pajang dan diangkat menjadi Adipati Wirasaba.

“Kemungkinan, pada 1 Syawalnya, Jaka Kaiman menyampaikan gagasannya untuk membagi kekuasaan menjadi empat kadipaten,” ucap Sugeng. 

Dijelaskan, hal tersebut tertulis dalam Babad Kalibening yang menjadi sumber utama sejarah di wilayah Banyumas. Selain itu juga diperkuat dengan kepulangan Jaka Kaiman disertai gandek atau pengawal dari Kesultanan Pajang. Sesampainya di Wirasaba, dia langsung membagi menjadi empat kadipaten.

“Jadi, menurut saya Jaka Kaiman sudah membagi Wirasaba menjadi empat Kadipaten, yang salah satunya Banjar Petambakan, ketika masih berada di Pajang,” katanya.

Sedangkan gandek yang membersamainya bisa jadi diutus Sultan Pajang untuk memastikan bahwa pemisahan empat wilayah kadipaten tersebut benar-benar dilakukan.

Ketua Pansus Hari Jadi Banjarnegara Agus Junaidi mengungkapkan, penetapan tanggal 26 Februari 1571 sebagai Hari Jadi Banjarnegara merupakan ikhtiar maksimal yang bisa dilakukan di tengah minimnya sumber tertulis dan juga minimnya waktu penelitian dan pembahasan. Setidak-tidaknya, lanjut Agus, ada spirit nasionalisme dan patriotisme dari perubahan Hari Jadi seperti yang diharapkan.

“Hasil pansus ini akan kami laporkan kepada Ketua DPRD, untuk kemudian diajukan kepada eksekutif untuk dimintakan pendapat dan persetujuannya,” katanya.

Kesepakatan tersebut diambil setelah Pansus pembahasan Raperda Perubahan Hari Jadi Banjarnegara berdiskusi dengan ahli sejarah dan stakeholder lain pada rapat Jumat (21/12/2018).

BACA JUGA:  Kelompok Tani Diminta Punya Peran Dalam Pembangunan Wonosobo

Artikel ini dikutip dari suaramerdeka.com dengan judul Hari Jadi Banjarnegara Disepakati 26 Februari 1571″ yabg ditulis oleh Castro Suwito, link
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/155269/hari-jadi-banjarnegara-disepakati-26-februari-1571

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.