PANGANAN JADUL ‘GETHUK’ DISULAP JADI MAKANAN KEKINIAN DI FESTIVAL GETHUK MAGELANG

MAGELANG – Gethuk merupakan panganan manis yang terbuat dari ketela yang teksturnya lembut, rasanya manis, bentuknya yang warna-warni dan beraneka macam. Jajanan ini salah satu panganan yang terkenal di Kota Sejuta Bunga ini.

Meskipun terbuat dari bahan ketela, makanan getuk juga dapat sebagai bahan beberapa olahan. Tanpa harus meninggalkan cita rasanya sebagai makan getuk, kreasi olahan berbahan gatuk tersebut juga tidak kalah enak dan nikmatnya.

Seperti yang dilakukan oleh puluhan warga dari kalangan pelajar, ibu-ibu sampai umum, yang turut serta dalam Festival Gethuk di Artos Mall, Magelang, Senin (28/1/2019).

Sebanyak 23 peserta mengkreasikan makanan gethuk menjadi produk kuliner ‘jaman now’, bahkan dikawinkan dengan makanan luar negeri. Dipandu oleh chef de partie Grand Artos Hotel and Convention Chef Abdul, peserta diajak untuk mengkreasikan beberapa olahan getuk, baik barupa Getuk Pizza, Getuk Tiramisu, dan Getuk Panacota, yang semuanya dengan bahan dasar getuk yang telah disediakan. 

Event Promotion Artos Mall Prio Aji berharap melalui kegiatan seperti ini makanan getuk akan dapat lebih dikenal dan diminati masyarakat, tidak hanya dengan sajian kelapa, tetapi juga dapat beragam kreativitas.

“Kami ajak peserta untuk mengkreasikan beberapa olahan gethuk, yaitu gethuk pizza, gethuk tiramisu, dan gethuk panacota dengan bahan dasar gethuk yang telah disediakan. Agar gethuk ini dapat menjadi sebuah makanan yang lebih menarik, baik dari segi rasa maupun penyajian,” turur Prio Aji.

Ada 11 peserta yang tertantang mengikuti Lomba Kreasi Getuk. Getuk yang dipergunakan merupakan getuk tradisional. Dalam waktu beberapa menit, para peserta harus dapat mengolah dan menyelesaikan kreasinya. Dalam lomba kreasi getuk, juara I diraih Vigar Dwi Nurcahyo dari Magelang, Juara II diraih Aji Bagus Prayogo dari SMKN 3 Magelang, dan Juara III diraih Purnomo dari Magelang.

BACA JUGA:  Jalur ke Puncak Dieng Sudah Mulai Dibuka

Artikel ini dikutip dari krjogja.com dengan judul “Festival Getuk di Artos Mall Magelang Jadi Surga Makanan Asal Ketela Ini” Editor Danar W, link
https://krjogja.com/web/news/read/90041/Festival_Getuk_di_Artos_Mall_Magelang_Jadi_Surga_Makanan_Asal_Ketela_Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.