Panen Raya Padi Sribegaluh

WONOSOBOZONE – Panen raya yang dilaksanakan di Desa Mangunan Kecamatan Kalikajar dengan luas 10 hektar, dengan hasil ubin 5,4. Panen raya tersebut dihadiri oleh Dandim 0707 Wonosob, Kepala lab Pertanian Retno Diah Rahmawati Dinas pertanian Wonosobo, Camat Kalikajar Agus  Fajar Wibowo, Kelompok Tani Raharjo Desa`Mangunan beserta Kelompok tani sekitarnya. (10/9).
Jenis padi Sri begaluh yang ditanam merupakan padi hasil karya Ismanto Ketua kelompok tani Raharjo.  Sri Begaluh merupakan hasil dari perkawinan silang antara jenis padi Barito dan Cihera. Penggunaan nama sri berasal dari metode penanaman SRI dan Begaluh merupakan nama sungai yang mengalir di daerah Mangunan Kalikajar.  Keunggulan dari sri begaluh adalah lebih tahan terhadap hama khususnya serangan burung emprit, hasil lebih banyak karena anakan lebih banyak dan rumbai lebih panjang bila dibandingkan dengan jenis yang lain.
Dalam sambutanya Dandim 0707 WonosoboLetkol Inf Agus M Latif, S.IP menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama antara kelompok tani Babinsa dan BPL pertanian, sehingga pada saat pelaksanaan panen  raya ini bisa dilaksanakan dengan sukses hasilnya.
“Perlu kerjasama semua pihak dalam program swasembada pangan. Hasil bisa melimpah sehingga kesejahteraan dapat meningkat”tandasnya. Dandim mengatakan upaya Kodim saat ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani menggandeng bulog agar bisa membeli padi dari petani dengan harga standart. Sehingga para petani tidak dipermainkan oleh tengkulak.
Ahmad ridho, s.kom

source : kodim 0705

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here