Operasi Patuh 2016 Sambut Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri

WONOSOBOZONE – Kepolisian Resor Wonosobo,  Senin (16-05-2016) pagi, melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi tahun 2016. Apel digelar di Halaman Belakang Mapolres Wonosobo. Di hadiri Muspida Kabupaten Wonosobo, Dinas Perhubungan, Satpol PP, 1 SST Kodim 0707/Wonosobo, Polres, Satpol PP, Dinas Perhubungan.
Kakorlantas Polri Brigadir Jenderal Drs Agung Budi Maryoto,M.S, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolres Wonosobo  AKBP Azis Andriansyah SH, SIK, M. Hum., menyampaikan operasi ini yang dilaksanakan serentak se Indonesia, bertujuan untuk mengatasi permasalahan dibidang lalu lintas, yang berkembang  sangat cepat dan dinamis . Hal ini sebagai konsekwensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk. Yang memerlukan kendaraan untuk mobilisasi  dalam memenuhi kebutuhan hidup. Data jumlah kecelakaan pada tahun 2015 mengalami penurunan 453 kasus dari jumlah 2873 setara 16%.
Mencermati berbagai permasalahan pelanggaran  lalu lintas Pemerintah menerbitkan inpres Nomor 4 tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, sebagai upaya untuk mewujudkan Keselamatan berlalu lintas di jalan. Yaitu Manajemen Keselamatan Jalan, Kendaraan yang berkeselamatan, Jalan yang berkeselamatan, Perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, Penangan Pra maupun Pasca kecelakaan. “Operasi patuh ini juga merupakan operasi rutin dilaksanakan setiap menjelang hari raya idul fitri guna menjaga kamseltibcar lantas dalam menyambut bulan suci ramadhan 1437 H tahun 2016,” sebutnya. Polri berupaya meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadhan melalui pendekatan Persuasif dan Edukatif. Dan menciptakan suasana kondusif pra maupun pasca Ramadhan. Diharapkan dengan di gelarnya Operasi Patuh ini akan tercipta Kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, sehingga akan menurunkan tingkat fatalitas jika terjadi kecelakaan.
Secara simbolis pemasangan pita dilaksanakannya operasi patuh kepada perwakilan TNI/Kodim 0707, Polres, Dishub. Seusai pimpin apel gelar pasukan secara serentak anggota Polres mengerumuni Kapolres. Kapolres sangat terkejut , anggota dengan sigap mengangkat Kapolres berkeliling di halaman apel. Ternyata semua sudah di skenariokan karena pada tanggal tersebut Kapolres Wonosobo sedang berulang tahun. Suasana sangat akrab terlihat anggota dan Kapolres tidak ada jarak saling lempar telur, pipi mereka dilumuri coklatnya roti. Kapolres mengucapkan terima kasih karena anggota sudah bikin kejutan di hari ulang tahunnya. Pemotongan tumpeng Ultah diberikan kepada anggota Kodim 0707/Wonosobo Sertu Surahman yang pada bulan itu berulang tahun juga. Acara di akhiri dengan kegiatan makan tumpeng bersama, dan pembagian beras kepada masyarakat yang membutuhkan.
( Pendim 0707/Wsb )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here