Operasi Kenakalan Remaja, Motor Tanpa Surat Diangkut Petugas

WONOSOBOZONE – Sebuah kendaraan roda dua/sepeda motor diamankan tim gabungan dari Kesbangpol, Polres, Kodim, Satpol PP, Disdikbudpora, Kemenag  Wonosobo, saat melakukan operasi kenakalan remaja/pelajar, Rabu sore (11/10).

Sudah menjadi tugas Pemerintah untuk menjaga kondisi tetap aman dan kondusif. Oleh karena itu untuk mengurangi perilaku menyimpang dari para pealajar/remaja, baik itu kedisiplinan, efek negatif dari penggunaan teknologi, penggunaan narkoba dan pelecehan seksual, perlu adanya sok terapi. Demikian disampaikan Kasi Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kantor Kesbangpol Kabupaten Wonosobo, Eko Riyanto, saat memimpin operasi kenakalan remaja dan  pelajar.

Tim gabungan yang berjumlah 20 orang, terdiri dari Kesbangpol, Polres, Kodim, Satpol PP, Disdikbudpora, KemenagWonosobo dalam melakukan kegiatan menyisir beberapa tempat yang ada di Wonosobo, seperti taman selomanik, tamanKartini, taman Ainun Habibi dan alun-alunkota Wonosobo.

Eko menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan secara preventif, tapi tidak menutup kemungkinan dilakukan tindakan persuatif jika ditemukan pelanggaran di lapangan. “kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi atau mencegah hal hal negatif yang dilakukan oleh remaja/pelajar” ungkap Eko.

“kegiatan ini juga dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat, tentang penyalahgunaan taman kota oleh remaja. Apalagi taman Ainun Habibi yang tidak ada penerangan di malam hari, sehingga sering dijadikan tempat untuk melakukan hal hal yang tidak produktif” pungkas Eko.

Dan dari hasil operasi yang dilakukansore hingga petang hari tersebut, petugas mengamankan sepeda motor yang tidak memenuhi standarnya di Taman Selomanik yang ditinggal oleh pemiliknya, karena tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat surat kendaraan. Selain itu petugas juga memberikan pengarahan kepada para remaja/pelajar yang berada di taman taman tersebut, agar bisa menjaga diri dan tidak melakukan hal hal negatif.

Terkait sepeda motor yang diamankan dan dibawa ke Polres, Ka BO Sabara Polres Wonosobo, Iptu. Mus Subadi, saat operasi mengatakan bahwa kendaraan yang dibawa ke Polres bisa diambil dengan membawa kelengkapan surat tanpa dikenai sanksi. “asal bisa menunjukkan surat kelengkapan, kendaraan bermotor bisa langsung diambil tanpa ada sanksi atau tilang, tetapi pemilik akan diberi pembinaan” ungkap Mus Subadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here