Operasi Gaktibplin Yang Mengiringi Pelaksanaan Operasi Kresna

WONOSOBOZONE – Dalam rangka pelaksanaan operasi Gaktibplin yang mengiringi pelaksanaan Operasi Kresna, Operasi Camar dan Giat Kepolisian yang ditingkatkan Sie Propam Polres Wonosobo menggelar razia yang ditujukan kepada anggota Polri Polres Wonosobo. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 Maret 2015 mulai pukul 06.00 Wib tersebut dipimpin langsung oleh Kasie Propam Polres Wonosobo IPTU Muhroji, operasi ini ditujukan untuk memeriksa kelengkapan administrasi Anggota serta kelengkapan kendaraan Anggota. Sat Lantas Polres Wonosobo menjadi sasaran pertama sebelum para anggota melaksanakan Ambang Gangguan (AG) pagi.
Ditemui seusai operasi Gaktibplin kepada anggota Sat Lantas, kasi propam menegaskan bahwa kelengkapan berkendara dan kepatuhan terhadap undang-undang berlalulintas UU no 22 tahun 2009 bukan hanya ditujukan kepada masyarakat umum akan tetapi bagi seluruh masyarakat pengguna jalan di Indonesia. Jadi seorang penegak hukum pun juga wajib  diperiksa kelengkapannya, “laa” kami adalah pengemban fungsi Propam yang memiliki tugas membina dan menyelenggarakan fungsi pertanggung jawaban profesi dan pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan POLRI selain itu Propam juga melaksanakan  pelayanan pengaduan masyarakat tentang adanya penyimpangan tindakan anggota/PNS POLRI, ujar kasi Propam saat berjalan menuju kendaraan sambil berpamitan akan melaksanakan pengecekan anggota yang menjalankan pelayanan AG pagi.
Pukul 08.00 Wib Waka Polres Wonosobo  PRANANDYA SUBIYAKTO, S.H., M.Hum. didampingi Kasi Propam melaksanakan pemeriksaan kepada anggota Polres Wonosobo dan Anggota Polsek yang memakai senjata organik Polri. Pemeriksaan kali ini tidak jauh berbeda dengan anggota Sat Lantas, yaitu surat identitas diri (KTP, KTA, SIM, STNK dan surat senpi). Yang membedakan kali ini karena diketemukan pelanggaran sikap tampang anggota Polri, yang membuat semua anggota tertawa dikarenakan ada anggota menggunakan kaos kaki berbeda warna, sebelah kanan warna hitam sedangkan yang kiri warna biru dongker. Hasil operasi kali ini telah diketemukan 13 Anggota melakukan pelanggaran. Jenis pelanggarannya adalah 4 anggota dengan seragam yang tidak sesuai dan 9 anggota dengan sikap tampang yang tidak sesuai (Rambut Panjang), KTA ke-13 anggota disita oleh Sie Propam, selain itu Sie Propam juga mengambil tindakan teguran.

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here