• Selasa, 9 Agustus 2022

Sepak Bola : Cek Kelayakan Stadion Jelang Liga 1 Bergulir, PT LIB Lakukan Inspeksi

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 07:20 WIB
Ilustrasi Stadion (Dok Pixabay)
Ilustrasi Stadion (Dok Pixabay)

WonosoboZone - Sebelum bergulirnya kompetisi  Liga 1 2022/2023, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan inspeksi stadion. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan kondisi terakhir di stadion yang akan digunakan semua kontestan kompetisi kasta tertinggi tersebut.

Inspeksi yang dilakukan meliputi fasilitas dan insfrastruktur stadion secara keseluruhan. Mulai dari lapangan, ruang ganti pemain, media centee, ruang wasit, tribun penonton, tribun media, lampu stadion, akses penonton menuju dan keluar stadion, kapasitas stadion, sampai dengan lokasi parkir. 

Pada tiga pekan terakhir misalnya. Tim dari PT LIB telah menginspeksi beberapa stadion secara langsung. Di antaranya Stadion BJ Habibie (Pare-Pare), Stadion Demang Lehman (Martapura), Stadion Jatidiri (Semarang), Jakarta International Stadion (Jakarta), Stadion Indomilk Arena (Tangerang) dan Stadion Brawijaya (Kediri).

Baca Juga: Berpengaruh Terjadinya Inflasi, Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Kebutuhan Gula Nasional

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menegaskan, status beberapa stadion yang diinspeksi tersebut bukan berarti langsung dinyatakan lolos verifikasi atau bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1 2022/2023.

“Sekali lagi, inspeksi bukan berarti stadion langsung bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1 2022/2023 dalam waktu dekat ini. Semua akan diperiksa secara terperinci terlebih dulu. Jika ada yang kurang, akan selalu kami komunikasikan secara intensif dengan klub. Dalam hal ini, ada yang harus segera dibenahi. Dengan begitu, pada akhirnya semua stadion bisa pada standar yang sama,” jelas Akhmad dalam siaran persnya yang dikutip dari PT LIB.

Lebih lanjut, Akhmad Hadian Lukita juga menginformasikan bahwa secara umum, kondisi lapangan di sebagian besar stadion yang didaftarkan untuk pertandingan Liga 1, sudah memenuhi persyaratan. Tapi ada hal-hal lain yang harus juga dijadikan pertimbangan untuk segera dilakukan perbaikan.

Baca Juga: Soal Insiden Polisi Tembak Polisi, Jokowi : Usut Tuntas, Buka Apa Adanya

“Contohnya stadion BJ Habibie dan Stadion Brawijaya yang harus dibenahi kapasitas lampunya. Stadion Jatidiri perlu pengaturan lahan parkir yang lebih luas dan tertata. Sedangkan di Jakarta International Stadium (JIS), akses dan kenyamanan pemain saat keluar masuk stadion juga harus dibenahi. Begitu juga aspek keamanan dan pengaturan manajemen flow fans saat masuk dan keluar stadion,” pungkasnya.

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: PT LIB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X