NJF Wonosobo : Something “sour” in our Wonosobo

WONOSOBOZONE – Kaliasem, adalah sebuah desa di Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. ada sesuatu hal yang unik dari desa ini. yaitu sebuah mata air yang berperisa asam.
Sekilas, tak ada yang berbeda dengan mata air lainnya. Satu hal yang membuat mata air Kaliasem berbeda dengan mata air lainnya yaitu airnya yang berperisa asam.
Menurut sejarahnya, dulu Desa Kaliasem berada disekitar mata air ini. Tapi karena desas-desus akan terjadinya longsor didaerah kaliasem itu sendiri. Wargapun berbondong-bondong berpindah menuju tempat yang lebih aman yakni desa yang mereka tinggali sekarang.
Kaliasem memiliki mitos tersendiri. konon katanya,dulu pernah ada seorang kyai yang membenamkan sebuah teko disekitar pohon beringin yang mengeluarkan air. kemudian air tersebut berubah menjadi asam. hingga kini teko tersebut belum ditemukan. katanya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengambilnya.
Pesona kaliasem tidak hanya sampai disini. ketika anda berjalan menuju tempat ini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan gunung sindoro yang menakjubkjan. Apa lagi jika anda mengunjunginya saat akan muncul sunrise atau sunset. diikuti dengan aliran Sungai Kalitulang yang merupakan anakan Sungai Serayu. hamparan sawah, ladang yang merupakan sumber penghasilan wargapun ikut embuktikan betapa suburnya tanah wonosobo ini.
Ini membuat saya semakin bangga dengan Wonosobo. Banyak sesuatu yang menarik dan perlu kita kembangkan. Wonosobo ASRI!!!!
Postingan artikel ini diikusertakan dalam #NJFWonosobo2015 
Pengirim: Setri Siam Nuari
Salam netizen..
Kali ini kita ada kabar gembira buat yang belum sempat kirim karya untuk ‪#‎NJFWonosobo2015‬
Berdasarkan audiensi dengan Bapak Eko Sutrisno Wibowo (Sekretaris Daerah Kab. Wonosobo) Event lomba “Netizen Journalistic Festival” masuk ke dalam rangkaian ‪#‎HariJadiWonosobo190‬ ,
Untuk itu, kami selaku panitia menginformasikan kepada seluruh peserta yang sudah mendaftar dan kepada semua calon peserta yang akan mendaftar bahwa:
– Deadline pengiriman karya pada 1 Juli 2015 dan Pengumuman nominasi pada tanggal 25 Juli 2015
-Thema: “All About Wonosobo”
Jurinya siapa sih?
Kategori:
-Foto : Mas Agus Nonot Supriyanto (HPPW dan Photografer Senior)
-Artikel : Mas Farid Gaban (Editor in Chief Geo Times Magazine, Jurnalis Senior)
-Video : Mas Putut Tri Husodo (Wapemred SCTV, Jurnalis Senior)
Sebagai penyemangat, sebanyak 60 orang dari 3 kategori lomba akan menjadi nominator dan berkesempatan untuk kita bukukan karyanya lho…
So, Tunggu apa lagi, “Tunjukkan Karyamu!”
Untuk info lebih detail, syarat dan ketentuan bisa check:
Blog: www.njfwonosobo.blogspot.com / www.njfwonosobo.wordpress.com
FB: www.facebook.com/njfwonosobo
Twitter: www.twitter.com/njfwonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here