Netizen Journalistic Festival (NJF) Wonosobo 2015

WONOSOBOZONE – Wonosobo menyimpan potensi yang sangat besar. Kekayaan alam yang menakjubkan, keanekaragaman seni dan budaya, warisan kuliner yang khas, serta keberagaman yang harmonis. Juga dikenal sebagai Poros Dunia, serta Negeri Atas Awan yang eksotis tiada duanya. Dengan berbekal kreatifitas dan kecanggihan media, beberapa komunitas yaitu: Wonosobo Zone, Wonosobo MudaMbakYu Blogger, dan Go Lokal  – berinisifatif menggarap sebuah perhelatan akbar melalui karya jurnalistik, yaitu: “Netizen Journalistic Festival Wonosobo
Logo Official: Netizen Journalistic Festival
NJF Wonosobo merupakan kompetisi yang bertujuan untuk mempromosikan ‘semua tentang Wonosobo’ dengan menggali potensi yang ada lewat tulisan, foto, dan video. Dengan memanfaatkan media online dan disampaikan melalui bahasa jurnalistik, diharapkan event ini bisa menjangkau lingkup Nasional dan Internasional.
Berbagai hal unik dan baru yang belum terekspose dapat dikemas melalui karya jurnalistik sehingga menggugah ketertarikan wisatawan pada Eco Wisata dan Wisata Konservatif. Selain itu, diharapkan kata ‘Wonosobo’ menjadi Trending Topic dan Top Search di media online.
Flyer Promo #NJFwonosobo
Target peserta adalah pengguna internet yang kini dikenal sebagai Netizen. Faktanya, populasi Netizen Indonesia mencapai 83,7 juta orang pada 2014 dan diperkirakan lebih dari 1 milyar manusia di seluruh dunia.
Peserta NJF Wonosobo dikategorikan menjadi Pelajar dan Umum. Pelajar dan Masyarakat luas termasuk Mahasiswa diharapkan bisa memiliki kreatifitas dalam mengekspresikan kecintaan mereka terhadap kekayaan alam, seni budaya, keberagaman, khazanah kearifan lokal, serta potensi ekonomi yang bisa menjadi daya tarik wisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
Bentuk kecintaan tersebut ditampilkan melalui karya jurnalistik yang menarik, menggugah, dan memberikan gambaran utuh tentang potensi Wonosobo. Peserta tidak dibatasi daerah, usia, dan latar belakang, dan diharapkan menjangkau peserta di lingkup Nasional.
Karya Journalistic adalah modal terbesar dalam menyebarkan informasi  secara aktual, menarik, sehingga memberi dampak yang luas.  Dengan adanya NJF Wonosobo, karya Jurnalistik bisa menjadi media  yang ampuh dalam menyampaikan pesan yang dikemas apik untuk mengangkat berbagai potensi Wonosobo yang selama ini belum ter-ekspose.
Tiga Kategori Lomba: Artikel, Foto, Video
Periode Lomba :
  • Kontes dimulai saat artikel ini ditayangkan yaitu 22 Maret 2015, dan akan ditutup pada tanggal 9 Mei 2015 (pukul 23.59)
  • Pengumuman nominasi pada 14 Mei 2015
  • Bisa dilihat di timeline FanPage #NJFWonosobo2015
  • Puncak Acara dan penganugerahan: 16 Mei 2015 di  Bioskop Dieng Cinema – Sruni Wonosobo
Frame Time Netizen Journalistic Festival
Ketentuan Umum
  1. Lomba ini terbuka bagi Seluruh Warga Negara Indonesia(WNI)
  2. Tidak ada batasan umur dan profesi (tidak terbatas bagi jurnalis saja)
  3. Dibagi menjadi 2 (dua) kategori : Pelajar dan Umum (mahasiswa termasuk umum)
  4. Hanya boleh mengikuti SATU dari tiga jenis perlombaan (Artikel, Foto, atau Video)
  5. Khusus untuk lomba Artikel dan Foto harus dipost di blog peserta dengan platform bebas (spt. WordPress, Blogspot, kompasiana, Blogdetik, tumblr, dll)
  6. Khusus untuk Video harus diupload di akun Youtube peserta
  7. Tema :  “All About Wonosobo” (Semua tentang Wonosobo).
  8. Harus follow twitter @njfwonosobo https://twitter.com/njfwonosobo , dan Like FanPage Netizen Journalistic Festival https://www.facebook.com/njfwonosobo
  9. Artikel, foto dan video tidak boleh mengandung unsur SARA, Pornografi, politik, serta melanggar hukum.
  10. Hasil karya sendiri, orisinil, dan bukan plagiat / menjiplak karya orang lain.
  11. Karya yang didaftarkan belum pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam kontes apapun.
  12. Satu peserta hanya boleh mengirimkan satu karya terbaik.
  13. Panitia berhak mempublikasikan dan memamerkan karya peserta lomba, hak cipta tetap milik peserta yang bersangkutan.
  14. Dengan mengirimkan karya berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Panitia.
  15. Keputusan Dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  16. Panitia tidak bertanggung jawab bila di kemudian hari terdapat gugatan oleh pihak ketiga dari objek artikel, foto, dan video karya peserta lomba.
  17. Wajib men-share event setidaknya satu kali melalui media social
  18. Di akhir postingan, sertakan tulisan  : Postingan artikel/Foto ini diikutsertakan dalam #NJFWonosobo2015 lalu co-pas dan tempel banner NJF Wonosobo  dan diberi link hidup ke halaman ini.
  19. Pendaftaran peserta sekaligus mengirimkan link/url karya secara online melalui google form dengan link : Daftar NJF 2015
  20. Promokan lomba ini dengan cara men-share alamat postingan ini di media sosial apapun dengan hashtag #NJFWonosobo2015 ( Facebook dengan mentag Fan Page Netizen Journalistic Festival Wonosobo, Twitter dengan memention @njfwonosobo )
Contoh :
Yuk yang belum ikutan #NJFWonosobo2015 “Semua Tentang Wonosobo” cek ini yaaa… https://facebook.com/njfwonosobo/
Syarat Per Kategori
  • Ketentuan Artikel

  1. Diikuti individu (1 orang 1 artikel)
  2. Artikel berbentuk feature.
  3. Jumlah kata dalam artikel 500 – 750 kata.
  4. Menggunakan bahasa Indonesia (bahasa utama), dan boleh diterjemahkan dalam bahasa lain bilingual atau trilingual (contoh: artikel versi bahasa Inggris atau Prancis, dll).
  5. Gaya tulisan bebas.
  6. Diperbolehkan menyertakan ilustrasi foto, gambar pribadi / non pribadi (jika bukan milik sendiri, harap sertakan sumber) maksimal 2 buah.
  7. Jenis dan warna font mudah dibaca.
  8. Dipost di blog peserta dengan platform bebas (spt. WordPress, Blogspot, kompasiana, Blogdetik, tumblr, dll)
  9. Harus menyertakan hashtag #NJFWonosobo2015 di akhir post

  •  Ketentuan Foto

  1. Diikuti individu (1 orang 1 foto)
  2. Periode pengambilan foto bebas (bisa sebelum periode lomba).
  3. Foto boleh menggunakan jenis kamera apa saja termasuk kamera HP, Camdig/Pocket camera, (D)SLR , bahkan polaroid.
  4. Boleh fullcolor/berwarna maupun monochrome
  5. Resolusi foto minimum 1200px saat diupload.
  6. Tidak diperkenankan memberi watermark
  7. Edit minimal diperbolehkan sebatas cropping dan mengatur kesesuaian warna/tone.
  8. Tuliskan deskripsi di bawah foto, keterangan/caption dalam bahasa Indonesia maksimal 100 kata. (Keterangan tersebut bisa menjelaskan di mana foto dibuat, kapan, apa yang menarik disana dsb)
  9. Dipost di blog peserta dengan platform bebas (spt. WordPress, Blogspot, kompasiana, Blogdetik, tumblr, dll)
  10. Harus menyertakan hashtag #NJFWonosobo2015 pada deskripsi

  •  Ketentuan Video
  1. Jenis film adalah dokumenter
  2. Film dapat dibuat oleh individu ataupun dalam bentuk team.
  3. Panjang durasi video adalah min. 5 menit dan max. 8 menit. Sudah termasuk opening dan credit title
  4. Teknik pembuatan film bebas, boleh di campur dengan animasi, music lip-sync, efek spesial, dan lain-lain. Tidak diperkenankan menggunakan animasi penuh (film animasi)
  5. Musik/lagu/scoring dan materi lainnya (foto, grafis, dll) yang digunakan dalam film boleh menggunakan milik orang lain dan harus seizin pemilik sesuai hak cipta/karya yang bersangkutan
  6. Video diupload di Youtube.
  7. Peserta wajib memberikan sinopsis dan hashtag #NJFWonosobo2015 untuk setiap karyanya. Sinopsis dan hashtag ditulis di caption saat mengunggah di Youtube.

*Syarat dan ketentuan diatas bisa berubah sesuai dengan perkembangan Festival dengan pemberitahuan. Pantau terus di fanpage kami. terimakasih
Untuk info atau bantuan lebih lanjut bisa mengirim pesan ke fanpage NJF Wonosobo atau ke email kami:njfwonosobo@gmail.com
Syarat dan ketentuan juga bisa didownload di sini.
Source: njfwonosobo.blogspot.com

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here