Naik Ke Sabuk Hijau, Personil Kodim 0707/Wonosobo Wajib Kuasai 8 Gerakan Dasar Yongmoodo

Gerakan pukulan wajib dikuasai
WONOSOBOZONE – Kodim 0707/Wonosobo kembali menggelar ujian kenaikan tingkat beladiri TNI AD, Yongmoodo, Selasa (19/1). Dalam ujian yang digelar di alun-alun Kota tersebut, tak kurang dari 340 personel diwajibkan mampu memeragakan 8 gerakan dasar beladiri asal Korea selatan itu. “Minimal nilai untuk bisa naik dari sabuk kuning ke sabuk hijau adalah 65 poin,” jelas Pelda Nugroho, instruktur sekaligus anggota tim penilai ujian Yongmoodo dari Korem 072 Pamungkas. Gerakan-gerakan dasar yang menjadi syarat bagi para personel Kodim 0707 Wonosobo, dikatakan Nuhgroho meliputi Gibon Sogi, Jumok Son Chigi, Bal Chagi, Nakbob, Songisui, Momgisui, Nurugi, dan Gibon Lisu.
“Kalau diterjemahkan, gerakan-gerakan dasar tersebut kurang lebihnya berarti pukulan, jatuhan, kuncian, lepas kuncian, rangkaian, kuncian bawah, dan gerakan berangkai,” terang Nugroho lebih lanjut. Penilaian bagi para personel Kodim yang hendak naik ke level sabuk hijau, menurut Nugoroho tak serta merta sama semua. Tim penilai, dikatakan dia juga memperhitungkan faktor usia, karena sudah barang tentu setiap personel memiliki tingkat stamina dan fisik yang berbeda. “Semakin muda usia, tuntutan untuk memiliki skill lebih mumpuni tentu semakin tinggi,” beber Nugoho. Nilai plus diberikan kepada personel yang usianya telah menjelang pensiun, tapi dinilai masih memiliki kecakapan dan keterampilan mumpuni serta fisik yang mendukung.
Harapan akan nilai tinggi pada ujian kenaikan sabuk tersebut juga diungkapkan Komandan Kodim 0707, Letkol Inf Agus Muchlis Latif. Menurut Dandim, sesuai tujuan awal, yongmoodo memang dijadikan bela diri wajib bagi setiap personel TNI angkatan darat (AD) untuk membina ketangkasan, kesigapan dan terjaganya stamina tubuh. “Tuntutannya adalah para personel bisa mencapai level sabuk setinggi-tingginya, alias sampai sabuk hitam agar kekuatan dan kesigapannya dalam menghadapi tantangan sebagai benteng Negara juga terus terjaga,” terang Dandim. Namun demikian, Agus juga mengakui bahwa untuk para personel TNI yang bertugas di wilayah seperti halnya di Kodim 0707 Wonosobo, level yang mesti dicapai tak setinggi personel di Mabes TNI AD. “Yang penting adalah setiap personel Kodim 0707 memiliki kesadaran untuk menjaga kebugaran diri, serta terus meningkatkan keterampilannya dalam teknik-teknik beladiri Yongmoodo,” pungkas Dandim. (Ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here