MUSIM HUJAN, DESA GEDANGAN TETAP KEKERINGAN.

TEMANGGUNG – Meski telah memasuki musim penghujan, namun masih ada daerah di Temanggung yang kesulitan akan air bersih. Seperti yang terjadi di Dusun Gedegan, Desa Kemloko, Kecamatan Tlogomulyo Temanggung. Untuk itu berbagai Komunitas di Temanggung yakni Komunitas Temanggung Guyup Rukun, Laskar Bersenyum, MRI (Masyarakat Relawan Indonesia), APPERBAM (Asosiasi Petani dan Pengrajin Bambu), dan beberapa komunitas di temanggung lainnya melakukan pengiriman bantuan air bersih ke daerah tersebut, Rabu (12/12).

Taftazani salah satu relawan dari komunitas laskar berseyum mengatakan letak geografis dusun Gedegan di lereng gunung Sumbing menyebabkan tidak adanya sumber air di sana. “Ada sumber air di atas desa mereka, namun sudah dipergunakan oleh desa yang berada di atasnya, sumur pun tidak ada,” ungkap Tafta yang juga merupakan ketua komunitas laskar bersenyum itu.

Kesulitan air bersih ini dikatakan Tafta sebenarnya sudah terjadi menaun, berbagai upaya juga sudah mereka lakukan, namun belum juga mendatangkan hasil.

Ia pun menjelaskan, pengiriman bantuan air bersih yang dilakukan oleh komunitas itu murni swadaya dari berbagai donatur dengan harapan dapat menjadikannya sebagai pemicu pihak lain untuk ikut membantu.

“Tentu ini tidak menyelesaikan, namun hanya sebagai pematik agar berbagai pihak turut terpanggil memikirkan saudara-saudara kita di Gedegan Kemloko Tlogomulyo,” tuturnya.

Warga desa sendiri juga diharapkan dapat untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama lingkungan yang berada di lereng gunung sumbing agar terjadi keseimbangan alam.

Dawiyah selaku Sekretaris Desa Gedengan mengucapkan terimakasih atas aksi ini, dan berharap ada edukasi ke warga tentang pentingnya hutan. Sementara Parijan (52) salah satu warga mengakui, kekeringan yang terjadi tahun ini adalah paling parah sebab meski hujan tiba, sumber air justru malah mati.

BACA JUGA:  Masyarakat diminta ikut awasi WNA

Menurutnya hal itu disebabkan karena pohon-pohon sudah gundul sehingga idak ada serapan air. “Warga sangat kesulitan air. Kami meminta solusi dari berbagai pihak, karena kebutuhan air ini merupakan kebutuhan setiap hari,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.