Mushaf Wonosobo, Al Quran Terbesar di Indonesia?

WONOSOBOZONE – Dari berbagai ukuran mushaf Al Quran di Indonesia, tentunya ada yang paling kecil dan paling besar. Nah, mushaf Al Quran yang terbesar diyakini ada di Museum Bayt Al Quran di Jakarta. Seperti apa ya?
Mushaf Wonosobo diyakini sebagai mushaf Al Quran terbesar di Indonesia. Mushaf ini bisa dilihat di Museum Bayt Al Quran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Pada tahun 1990-an Mushaf Wonosobo ini dihadiahkan kepada Presiden Soeharto dari Menteri Penerangan.
“Ada yang namanya Mushaf Wonosobo yang waktu itu bisa dibilang terbesar di Indonesia. Itu dihadiahkan kepada Presiden Soeharto dari Menteri Penerangan,” ujar Pengembang Koleksi Museum Bayt Al Quran Adimas Bayumurti ketika berbincang dengan detikTravel pekan lalu di Bayt Al Quran, TMII, Jakarta.
Dimas menyebutkan bahwa Mushaf Wonosobo ini ditulis tahun 1991-1993 oleh dua orang santri Pondok Pesantren Al Asy’ariyah di Wonosobo, yaitu Abdul Malik dan Hayatuddin. Mushaf tersebut berukuran 2 x 3 meter bila dibuka dan semuanya ditulis tangan oleh dua santri tersebut.
“Yang nulis juga dulu tidak berniat menamai khusus, cuma karena itu memang pesantren terkenal di Wonosobo yang mencetak banyak penghafal Al Quran dan kaligrafer, disebut Mushaf Wonosobo. Itu ditulis tangan,” kata Dimas.
Mushaf Wonosobo terdiri dari 30 juz yang ditulis di atas 605 halaman kertas manila. Mushaf besar ini beratnya juga tak tanggung-tanggung, yaitu 165 kg. Untuk mengangkat mushaf pun tidak bisa sendirian.
“Kalau mau mindahin mushaf diangkat ramai-ramai,” tutur Dimas.
Mushaf itu memang sudah beberapa kali ditampilkan di pameran di luar museum. Seperti di Thamrin City Jakarta, Margo City Depok dan di luar kota seperti Aceh.
Hingga saat ini, Mushaf Wonosobo diletakkan di sebuah ruang pamer Museum Bayt Al Quran. Ruangan kaca itu lokasinya berdekatan dengan bagian informasi museum. Wisatawan dari berbagai daerah pun banyak yang datang ke museum untuk melihat Mushaf Wonosobo.
Kalau Anda juga penasaran dan ingin melihat langsung mushaf ini, langsung saja datang ke Bayt Al Quran. Untuk melihat Mushaf Wonosobo dan mushaf unik lainnya museum, Anda tidak perlu bayar alias gratis!

Mushaf Wonosobo (Kurnia/detikTravel)

Source: travel.detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here