MOTIVASI DAN PENGENALAN PROFESI BAGI PENYANDANG DISABILITAS KEBUMEN.

KEBUMEN – Motivasi dan Pengenalan Profesi Bagi Penyandang Disabilitas merupakan kegiatan yang di adakan oleh Ascendia Projek.
Kegiatan  ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan memberi motivasi kepada penyandang Disabilitas dalam bersaing dengan masyarakat normal.

Dikutip dari suaramerdeka.com , kegiatan yang digelar di Perpusda pada sabtu 22 Desember 2018, diikuti oleh 250 peserta. Yakni dari SLB Putra Manunggal Gombong, SLB Putra Pertiwi Kebumen, perwakilan organisasi disabilitas seperti Gerkatin, Petuni dan orang tua penyandang disabilitas.

Kegiatan yang menyasar penyandang disabilitas muda itu menghadirkan sejumlah pembicara dari penyandang disabilitas yang cukup sukses. Hadir CEO Thisable Jakarta Angkie Yudistia, pengusaha disabilitas sukses Irma Suryati, dan CEO Ascendia Project dr Faiz Alauddien Reza Mardhika.

Tak hanya memberikan motivasi, para pembicara juga menyampaikan kisah inspiratif perjalanan hidup mereka. Pada intinya, dengan keterbatasan fisik yang dimiliki, seorang disabilitas memiliki kesempatan untuk sukses.

CEO Ascendia Project dokter Faiz Alauddien Reza Mardhika menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran profesi kepada para disabilitas. Melalui acara itu, pihaknya ingin memberikan gambaran kepada disabilitas yang masih muda untuk bisa bermimpi setinggi-tingginya.

“Kami ingin menunjukkan jalan kepada mereka apa yang akan mereka raih,” katanya.

Ke depan pihaknya akan bekerjasama dengan Thisable untuk memetakan kemampuan dan mengasah kemampuan para disabilitas sehingga mereka bisa menentukan jenis pekerjaan yang sesuai.

Reza menambahkan, dari data yang ada, di Kebumen terdapat lebih dari 11.000 disabilitas. Kebanyakan mereka tidak bekerja. Sebagian disable merupakan  lulusan SLB, namun kemampuan lulusan SMALB  sama dengan kelas 4 SD.

Untuk itu, Reza berencana akan membangun balai pelatihan kerja khusus disabilitas. Nantinya akan didata potensi dengan jenis pekerjaan yang mampu dikerjakan oleh disabilitas. Selain itu, tahun depan pihaknya akan bermitra dengan GoLife khusus bagi disabilitas.

BACA JUGA:  Antrean Mencapai 20 Tahun, Calon Jamaah Haji Wonosobo Diminta Waspadai Penipuan

“Kamis sadar dengan keterbatasan SDM yang ada, kegiatan ini belum bisa menjangkau seluruh disabilitasdi Kebumen. Untuk itu yang kami lakukan adalah menyiapkan prototype. Jika ini berhasil akan bisa diduplikasi di spot-spot yang lain,” pungkasnya.

Dikutip dari suaramerdeka.com dengan judul “Ratusan Disabilitas di Kebumen Diberi Motivasi dan Dikenalkan Profesi” ditulis oleh Supriyanto, dengan link https://www.suaramerdeka.com/news/baca/155251/ratusan-disabilitas-di-kebumen-diberi-motivasi-dan-dikenalkan-profesi.

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.