Modal Usaha Bagi Eks Penderita Ganggian Jiwa


WONOSOBOZONE – Sebanyak 20 orang eks penderita gangguan jiwa, menerima bantuan modal usaha dari Pemerintah, melalui bagian Sosial dan Kesra Setda Kabupaten Wonosobo, dalam rangka memperingati Hari Ibu dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) bertempat di Aula Bagian Sosial dan Kesra, Jum’at, 11/12/15.
Kasubag Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Bagian Sosial dan Kesra Setda Kabupaten Wonosobo, Heri Siswanto R, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa di Wonosobo total ada 351 orang eks penderita gangguan jiwa yang pernah di rawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ), yang kesemuanya itu perlu pendampingan dari Pemerintah.
Heri juga menyampaikan bahwa Pemerintah melalui APBD Kabupaten, saat ini baru bisa memberikan bantuan kepada 20 orang eks penderita gangguan jiwa masing masing mendapatkan uang tunai sebesar 1 juta rupiah dari 46 orang yang diusulkan. Kedepan Pemerintah akan terus berusaha untuk membantu eks penderita gangguan jiwa secara bertahap, agar mereka bisa menjalani kehidupan secara normal di tengah masyarakat. Diharapkan bantuan yang tidak seberapa jumlahnya tersebut dapat bermanfaat sebagai modal usaha, dan jangan digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Dan dengan kondisi mereka, usaha yang paling ideal adalah untuk berternak, dibandingkan berdagang. Karena berdagang banyak tekanannya, sehingga akan mengganggu kesehatan mereka. Dan kepada yang masih berstatus pelajar diharapkan bantuan tersebut bisa digunakan sebagai sarana untuk menunjang pendidikan mereka.
Source: wonosobokab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here