Mobil Barang Angkut Orang Tetap Ditilang

WONOSOBOZONE – Meski pelaksanaan Operasi Simpatik Candi 2017 yang dilaksanakan Satlantas Polres Wonosobo lebih mengutamakan kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pembinaan dan penindakan hukum dengan teguran, namun berbeda jika ada kendaraan bak terbuka pengangkut barang yang kedapatan membawa orang. Untuk pelanggaran tersebut, Satlantas Polres Wonosobo tetap akan menindak tegas dengan memberikan tilang.
Hal tersebut diungkapkan Kanit Dikyasa Satlantas Iptu Suriyanto saat memberikan penyuluhan kepada anggota PPAB (Paguyuban Pengemudi Angkutan Barang) di pangkalan mobil barang Jl. Serayu Wonosobo, Selasa (7/3) pagi. “Alasan akan kami tindak tegas karena selain pelanggaran ini sangat membahayakan, juga sangat merugikan baik untuk penumpang maupun sopirnya sendiri,” ungkap Kanit Dikyasa.
“Sebagai informasi kepada para pengemudi, jika hal ini dilakukan kemudian terjadi kecelakaan, maka pengemudi bisa dijerat pidana. Sedangkan untuk penumpang yang mengalami luka atau meninggal dunia, tidak berhak mendapat santunan dari Asuransi Jasa Raharja,” kata Iptu Suriyanto. “Oleh karenanya, saya minta kepada anggota PPAB ini jangan sekali-kali membawa penumpang orang di bak belakang,” himbaunya.
Sementara itu Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K. melalui Kasatlantas AKP SS. Udiono membenarkan adanya tindakan tegas tersebut. “Untuk beberapa pelanggaran yang membahayakan dan sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, kami memang tetap melakukan tindakan tegas berupa penilangan,” kata Kasatlantas.
“Contoh pelanggarannya adalah pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm pengaman, kendaraan yang melawan arus, kendaraan barang angkut orang, serta kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi tekhnisnya,” kata Kasatlantas.
 “Namun penindakan ini tetap mengedepankan aspek humanis tanpa melupakan penegakan hukum. Karena pada inti tujuan dilaksanakannya Operasi Simpatik Candi 2017 ini adalah untuk semakin memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti penting keselamatan berlalulintas,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here