Miliki Media Belajar Memadai, Siswa SMK N 1 Wadaslintang Diminta Tekuni Wirausaha

Wirausaha bisa menghasilkan rupiah yang memadai
WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, HA Kholiq Arif menegaskan pentingnya pemahaman mengenai dunia wirausaha bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Wadaslintang. Bersamaan dengan peresmian masjid Dzinur Ain di komplek sekolah yang baru berlokasi di Desa Trimulyo, Kamis (8/10), Bupati mengatakan, bahwa stigma lulus sekolah lalu mencari kerja sudah selayaknya ditinggalkan, khususnya untuk para siswa lulusan SMK. “Tadi saya sudah melihat, bagaimana sekolah ini telah mengembangkan praktik kewirausahaan melalui pembenihan dan pembesaran ikan patin maupun lele di kolam sekolah”, jelas Bupati di depan ratusan civitas akademika SMK N 1 beserta para orang tua siswa yang hadir.
Adanya inisiatif sekolah yang membuka dua jurusan yaitu perikanan dan perbengkelan tersebut, menurut Kholiq sangat tepat. “Potensi perikanan di Wadaslintang memang masih sangat terbuka untuk ditekuni, sehingga seharusnyalah para siswa bergerak untuk memulainya, tanpa harus menunggu lulus”, terang Kholiq. Dengan memiliki naluri wirausaha sejak dini, Bupati meyakini ketika lulus nanti, siswa tak lagi kebingunan mencari pekerjaan. “Hanya dengan sepetak lahan untuk kolam ikan, baik lele maupun patin, sudah bisa menghasilkan rupiah yang cukup untuk menunjang kebutuhan sekolah”, sebut Kholiq di depan para siswa.
Menanggapi himbauan Kholiq tersebut, Kepala SMK N 1 Wadaslintang, Budiman mengaku telah memulainya. “Kami telah meminta siswa untuk memulai usaha perikanan dengan menggunakan bibit dari sekolah”, ungkap Kasek. Dalam usia relatif muda, SMK N 1 Wadaslintang diakui Budiman memang masih berupaya membangun beragam fasilitas yang memadai, terutama laboratorium lapangan bagi siswa. “Anggaran sekitar 1 Milyar setiap tahun terus kita alokasikan untuk mengembangkan sarana dan prasaran sekolah, termasuk masjid baru yang juga didukung dana dari para wali murid ini”, jelas Budiman. Ke depan, tak hanya lahan pembibitan ikan, di lahan seluas hampir 21 hektar tersebut, pihaknya juga akan mengembangkan fasilitas-fasilitias pendukung lain, seperti bengkel sekolah. Selain menumbuhkan semangat wirausaha, upaya tersebut juga untuk mendukung pembelajaran praktek bagi siswa.
source: wsbkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here