Meriahnya Wonosobo Night Costume Carnival

WONOSOBOZONE – Jumat malam 24/7, alun-alun Wonosobo diramaikan gelaran Wonosobo Night Costume Carnival (WNCC) yang merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Wonosobo dengan menampilkan 55 kostum pewayangan mahabarata.
Menurut Alvin selaku koordinator acara mengatakan bahwa Tema pewayangan ini diambil mengingat kisah epik yang berlatar budaya agama Hindu dan merupakan salah satu budaya leluhur di Wonosobo, melalui dataran tinggi dieng, yang mana sejak awal abad ke-1 M telah menjadi perhatian dunia. Bahkan  dalam konteks sejarah peradaban jawa nusantara sekalipun, dieng jadi tempat pertama dan utama yang menyita perhatian dunia. Untuk itu pihaknya mengangkat tema ini agar masyarakat Wonosobo paham dengan akar budaya leluhurnya.
Gelaran ini juga untuk memberikan hiburan bagi masyarakat Wonosobo, maupun turis yang datang ke Wonosobo, termasuk para pemudik  sekaligus sebagai ajang bagi desainer Wonosobo untuk unjuk kreativitas dan kemampuannya.

Sama dengan tahun sebelumnya, peserta WNCC tahun ini tampil di atas catwalk yang terletak di Jalan Merdeka lebih dahulu sebelum berjalan keliling alun-alun kota dan kembali finish di halaman Makodim.
Kostum Arjuna, Pandawa lima, Drupadi, Kunti, Banowati dan berbagai tokoh kisah Mahabharata nampak meriah dipadu dengan aksesoris lampu yang menyala di tubuh peserta dari berbagai usia. Salah satu peserta yang masih berusia 6 tahun, Salwa Putri Aisiyah, Nampak semangat berlenggak lenggok dengan busana bertema panah cinta Drupadi.
Antusias peserta semakin bertambah oleh semangatnya ratusan warga masyarakat yang menonton gelaran ini, sehingga memacetkan arus lalu lintas ke arah alun-alun, yang membuat petugas dari Kepolisian, Kantor Perhubungan dan Satpol PP harus bekerja keras mengatur arus lalu lintas seputar alun-alun kota.
source: wonosobokab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here