MERIAHKAN HARI PERS NASIONAL 2019, WARTAWAN DAN MASYARAKAT MAGELANG GELAR KIRAB BUDAYA DHARMA WARTA

MAGELANG – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2019, para wartawan dan masyarakat melakukan kirab budaya “Dharma Warta” di Kampung Potrosaran, Kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/2/2019).

Kirab “Dharma Warta” dimulai dengan doa yang dipimpin Kiai Abdurrosyid dan diiringi tabuhan musik gamelan, serta mengusung tumpeng dengan tandu yang dipasangi bendera Merah Putih dan tampah berisi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Beberapa grup kesenian dari berbagai sekolah ikut kirab dengan mengenakan pakaian tradisional. Mereka berjalan kaki dari halaman padepokan yang juga rumah tinggal Es Wibowo itu, melewati jalan-jalan kampung setempat, taman kota di Tepi Jalan Ahmad Yani Kota Magelang, dan menyusuri jalan setapak tepi Kali Kuto (sodetan Kali Manggis) Kota Magelang.

Pada kesempatan ini, wartawan setempat Choriroh Kurniawati membacakan puisi karya Es Wibowo berjudul “Dharma Warta”.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Padepokan Gunung Tidar, dihadiri oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Magelang Adidaya Perdana, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Magelang Ahmad Ludin Idris, Pimpinan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Kabupaten Magelang K.H. Muhammad Yusuf Chudlori, Pimpinan Ponpes Selamat Kota Magelang K.H. Abddurrosyid Ahmad, para tokoh dan warga kampung setempat.

Pimpinan Padepokan Gunung Tidar, Es Wibowo mengatakan wartawan adalah profesi mulia dan mengedepankan kejujuran, memberikan edukasi kepada masyarakat dunia.

“Tahun ini kelima kalinya padepokan memprakarsai peringatan HPN. Ini penghormatan dan penghargaan kami kepada wartawan. Wartawan sebagai garis takdir profesi, wartawan setia mewartakan kabar baik dan mengembirakan kepada seluruh makhluk hidup,” kata Es Wibowo yang juga penyair Kota Magelang itu.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabag Humas dan Protokol, Ahmad Ludin Idris, mengharapkan wartawan makin profesional dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

BACA JUGA:  VETERAN GENAP BERUSIA 68 TAHUN

“Pers mendorong pembangunan, media menjadi pengawas dan komunikator pemerintahan dan pembangunan. Pers tetap mempertahankan idealisme, menjalankan peran kontrol secara bebas sesuai dengan norma-norma,” pungkasnya.

Artikel ini dikutip dari antaranews.com dengan judul “Masyarakat Wartawan Magelang Kirab Dharma Warta HON 2019” Penulus Maximianus H, link https://m.antaranews.com/berita/795993/masyarakat-wartawan-magelang-kirab-dharma-warta-hpn-2019

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.