MEMASUKI PUNCAK MUSIM HUJAN BUPATI BANJARNEGARA HIMBAU WARGA UNTUK WASPADA

BANJARNEGARA – Memsuki puncak musim hujan, aliran air yang tersumbat bisa menjadi salah satu pemicu longsor dihimbau masyarakat untuk memerhatikan kondisi drainase di lingkungan sekitarnya.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengatakan banyak kasus longsor terjadi akibat drainase yang tersumbat. Terhambatnya aliran pembuangan air hujan akan menyebabkan timbulnya genangan air. Selain memicu banjir, kondisi ini juga bisa memicu longsor.

“Sehingga peranan warga sangat penting menjaga kebersihan lingkungan agar aliran air hujan lancar,” katanya.

Budhi menambahkan, sebagai daerah yang rawan bencana masyarakat Banjarnegara diharapkan semakin sadar potensi bencana di wilayah masing-masing. Upaya ini diharapkan akan mengurangi risiko yang terjadi akibat bencana alam.

Menurutnya, puncak musim hujan di wilayah Banjarnegara diperkirakan akan terjadi pada akhir Januari hingga awal Februari. Hal ini patut diwaspadai, terutama masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Kami terus melakukan komunikasi dengan BMKG, untuk mengetahui perkembangan cuaca yang sebagai peringatan dini dan antisipasi kebencanaan,” terangnya.

Artikel ini dikutip dari suaramerdeka.com dengan judul “Puncak Musim Hujan Masyarakat Diimbau Perhatikan Drainase” yang ditulis Castro Suwito, link
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/159638/puncak-musim-hujan-masyarakat-diimbau-perhatikan-drainase

BACA JUGA:  MEMASUKI MASA UJIAN, GEDUNG SEKOLAH DI BANJARNEGARA AMBRUK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.