Materi Bela Negara Untuk 245 Siswa Baru SMA 1 Mojotengah

WONOSOBOZONE – Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) adalah pendidikan dasar bela negara guna menumbuhkan kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan akan Kesaktian Pancasila, kerelaan berkorban bagi Negara, serta memberikan kemampuan awal bela negara. Babinsa Koramil 03/Mojotengah Serda Umar Arifin pada Selasa (19/7) memberikan  materi PPBN kepada 245 siswa baru SMA Negeri 1 Mojotengah bertempat di aula SMA Negeri 1 Mojotengah,Wonosobo.
Serda Umar menyampaikan kepada siswa baru Bela negara adalah tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia serta keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan untuk berkorban guna meniadakan setiap ancaman baik dari dalam dan luar negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah dan yurisdiksi nasional serta nilai-nilai Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
Upaya bela negara adalah kegiatan yang dilakukan oleh setiap warga negara untuk menunaikan hak dan kewajiban dalam rangka penyelenggaraan pertahanan keamanan negara.Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sesuai dengan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, keadaan geografi negara serta sejarah yang dialaminya. Pada dasarnya Wawasan Nusantara merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai kesatuan yang bulat dan utuh di dalam kehidupan bernegara.
Ketahanan Nasional merupakan kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan, yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, baik dari luar maupun dari dalam negeri dalam bentuk apapun, yang langsung maupun tidak langsung membahayakan identitas, keutuhan, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta mencapai tujuan perjuangan nasional.
Tujuan PPBN adalah mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki tekad, sikap dan tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut guna meniadakan setiap ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah NKRI serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Pemberian materi ini di harapkan para siswa baru mengetahui akan tugas dan tanggung jawab kita sesuai bidang tugas masing-masing. Sebagai pelajar harus rajin belajar menuntut ilmu demi masa depan kalian, serta kejayaan Indonesia ke depan. Karena di pundak para pemuda inilah masa depan bangsa di berikan, sebagai estafet kepemimpinan dari generasi yang pendahulu, jelas Umar.
 Reporter: ( Pendim 0707/Wsb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here