Mata Air Ajaib di Kali Bening Mojotengah

WONOSOBOZONE – Terletak di dusun Kali Bening, desa Krasak, kecamatan Mojotengah, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terdapat mata air ajab. Pasalnya di sebuah kolam terdapat mata air yang diberi nama dengan “Tuk Sewu” (mata air seribu) dan mata air tersebut akan muncul bila dipanggil dengan kata “Tuk sewu” sambil mencelupkan kaki kita ke dalamnya.

Menurut warga sekitar, Dulu terdapat pohon beringin besar di sekitar kolam yang kemudian dipercayai oleh warga bahwa yang menjawab sapaan orang  datang adalah penunggu yang
bersemayam di Pohon tersebut.
Keanehan tersebut sudah terjadi sejak dulu namun jarang yang mengetahuinya sehingga belum masuk menjadi destinasi wisata di Wonosobo.
Namun, beberapa tahun terakhir pohon beringin besar itu telah ditebang oleh pemiliknya. Sehingga, pada akhirnya kolam Tuk Sewu itu kini seolah tak terawat. Meski letupan-letupan mata air tersebut kini masih kerap muncul.
Selain itu kesakralan mata air ini seolah hilang setelah tumbang. Meskipun begitu airnya masih digunakan oleh penduduk sekitar.
Keajaiban ini juga dipercayai sebagai simbol kesejahteraan masyarakat sekitar sehingga tiap bulan syuro air tersebut digunakan pula untuk upacara merti deso atau tasyakuran desa.
Pada upacara tersebut juga disyaratkan untukmengambilair dari tujuh mata air sebagai bentuk menyatukan sebuah perbedaan. Karena di desa sekitar, banyak terdapat mata air alami lainnya, terutama di area lereng gunung Sindoro dan dataran tinggi Dieng. apr
original writer:ren
source:http:life.viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here