Masyarakat diminta ikut awasi WNA

WONOSOBOZONE – Masyarakat diimbau untuk ikut mengawasi pergerakan warga negara asing (WNA) yang terlihat di lingkungannya. Jika melihat aktivitas yang dianggap tak wajar dan mencurigakan, warga diminta cepat melaporkan kepada aparat.

Himbauan tersebut diungkapkan langsung oleh Verico Sandi selaku Kepala Seksi Wasdakim Kantor Imigrasi Wonosobo saat ditemui wartawan di Kantornya, (6/12).

“Apabila masyarakat mendapati WNA yang mencurigakan atau membuat ketidaknyamanan segera laporkan ke aparat atau tim pora atau bisa ke pihak kami secara langsung atau melalui aplikasi web di imigrasi.go.id“, ungkap Verico

Lanjut Verico, informasi dari masyarakat tersebut nantinya berguna untuk melancarkan operasi pengawasan orang asing.

“Kami sangat mengharapkan info dari masyarakat guna untuk mengetahui aktivitas orang asing yang diduga menyalahgunakan izin tinggal dan melakukan perbuatan tidak sesuai perundangan,” tambah Verico

Dua bulan lalu, pihaknya telah menangkap 2 laki-laki WNA berinisial XH dan HZ. Mereka ditangkap di tempat makan daerah Kota Magelang.

Menurut Ronald Ferdinand Rafudi selaku Kasubsi Pengawasan Keimigrasian Kantor Imigrasi Wonosobo yang melakukan langsung penangkapan tersebut bersama tim menjelaskan bahwa kedua WNA itu ditangkap karena tidak dapat menunjukkan dokumen paspor.

“Kami tangkap karena tidak bisa menunjukkan paspor dan mereka beralasan paspornya tertinggal di Semarang”, ungkap Ronald.
.
Kini ke dua warga asing tersebut sedang dalam proses pemulangan ke Negara asalnya setelah dilakukan penyidikan dan persidangan.

Kasubsi Penindakan Keimigrasian, Dipho Natasha menjelaskan bahwa setelah dilakukan persidangan ke dua WNA terkena sanksi berupa denda sebesar 20 juta rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here