MASUK KAWASAN RAWAN BENCANA, WARGA KECAMATAN DUKUN MAGELANG DIBERI PELATIHAN OLEH BASARNAS

MAGELANG – Sebanyak 60 warga dari berbagai desa se Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang mengikuti pelatihan Medical First Responden, diadakan selama tiga hari dari tanggal 4-6 Februari 2019.

Kegiatan yang diadakan oleh Basarnas Provinsi Jawa Tengah bertujuan untuk memberikan edukasi mitigasi bencana bagi warga terkait dengan kondisi aktivitas Gunung Merapi. Terlebih wilayah Kecamatan Dukun, termasuk kawasan rawan bencana (KRB) III erupsi Gunung Merapi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Jawa Tengah, Eris Safiqi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali masyarakat dengan kemampuan pencarian dan pertolongan, serta menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang evakuasi mandiri yang akan dilakukan secara terkoordinir.

“Dengan demikian apabila terjadi sesuatu yang mengancam keselamatan jiwa manusia yang ditimbulkan akibat bencana apapun, maka akan cepat tertangani, Dengan ini akan meminimalisir korban jiwa,” katanya.

Eris menambahkan, Indonesia terletak pada cincin api pasifik, sehingga bencana alam sering melanda Indonesia mualai dari Gunung meletus, tsunami, dan gempa bumi.

“Basarnas terus berupaya untuk mengurangi korban jiwa pada setiap bencana melalui program SAR berbasis masyarakat. Konsep SAR berbasis masyarakat ini adalah memberikan pelayanan SAR dengan memberdayakan potensi SAR yang ada di masyarakat,” imbuhnya.

Bupati Magelang, yang diwakili Plt Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, sangat mengapresiasi atas pelatihan yang diberikan oleh Basarnas Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan selama tiga hari itu.

“Semoga pelatihan ini bisa menjadi satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas penanganan bencana, khususnya bagi warga masyarakat yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Merapi maupun KRB yang lain di wilayah Kabupaten Magelang,” pungkas Adi.

Artikel ini dikutip dari krjogja.com dengan judul “Basarnas Beri Pelarihan Pada Warga Kecamatan Dukun” Editor Agus Sigit, link
https://krjogja.com/web/news/read/90723/Basarnas_Beri_Pelatihan_Pada_Warga_Kecamatan_Dukun

BACA JUGA:  PEMKOT MAGEKANG INTESIF SOSIALISASIKAN PENGGUNAAN KARTU TANI
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.