Masuk Kategori Tipe A, Perikanan Tetap Menyatu Dengan Dinas Pertanian dan Pangan

WONOSOBOZONE – Panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Wonosobo, yang selama lebih dari sepekan ini bekerja membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) Perangkat Daerah, akhirnya menyampaikan hasil kerjanya, Rabu (12/10). Di depan rapat paripurna dewan dengan agenda tunggal pembacaan laporan hasil kerja Pansus Raperda Perangkat Daerah, Suwondo Yudhistiro selaku ketua Pansus mengurai adanya berbagai perubahan raperda sebagai hasil analisa dan kajian selama pembahasan. Perubahan, menurut Suwondo juga terjadi pada jumlah Bab dan Pasal, dari sebelumnya 9 BAB dan 16 Pasal, menjadi 6 BAB dan 13 pasal. “Judul Raperda juga ditambah kata pembentukan dan susunan sehingga berbunyi Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Wonosobo,” terang Suwondo di awal pembacaan laporan.
Beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), disebut Suwondo mengalami perubahan, antara lain Dinas Pariwisata pada Pasal 2 huruf D angka 15, berbunyi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan merupakan Dinas Tipe B yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pariwisata dan bidang kebudayaan. Selain itu, ada pula Dinas Pertanian yang dikatakan Suwondo berubah menjadi Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan merupakan dinas Tipe A yang menyelanggarakan urusan pemerintah bidang Pertanian, Bidang Pangan dan Bidang Perikanan. Masih tergabungnya bidang Perikanan sempat membuat wakil Ketua Pansus Yasin Yusuf menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat. “Saya minta maaf karena tidak bisa memenuhi harapan untuk membuat bidang Perikanan berdiri sendiri sebagai Dinas,” ucap Yasin saat dipersilahkan menyampaikan pendapat terkait laporan hasil kerja pansus oleh Ketua Dewan, Afif Nurhidayat.
Menanggapi permintaan maaf legislator dari PDIP tersebut, Afif menyebut upaya penguatan bidang perikanan yang dinilai strategis tak harus melalui Dinas tersendiri. “Dalam nomenklatur Dinas sudah disebut perikanan menjadi bidang dan tentu kita harapkan bersama akan mampu mengeluarkan kebijakan strategis yang bermanfaat untuk masyarakat,” tandas Afif. Pihak dewan, menurut Afif juga akan berupaya untuk mendukung bidang perikanan dengan politik anggaran yang sesuai, sehingga secara fungsi tak akan jauh berbeda bila dibandingkan berdiri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here