Masa Bakti Kholiq-Maya Resmi Berakhir, Bagaimana Nasib Program Wonosobo Green City?

Green City jadi warisan Kholiq Maya

WONOSOBOZONE – Program Wonosobo Kota Hijau, atau lebih sering disebut dengan Green City, yang diwariskan Kholiq-Maya disepakati semua pihak untuk dilanjutkan. Kepastian akan kelanjutan program yang menyasar terwujudnya Wonosobo sebagai Kota nyaman nan hijau tersebut diperoleh, setelah di hari terakhir masa baktinya, atau Kamis (29/10) malam, Bupati HA Kholiq Arif bertemu stake holder terkait, dalam acara talkshow bertajuk Wonosobo Green Herritage City 2015. “Melalui forum ini, saya mengajak semua pihak untuk tetap menjaga komitmen mewujudkan Kota Hijau Wonosobo,” tutur Kholiq di awal acara.

Demi meyakinkan pentingnya keberlanjutan program green city, dalam kesempatan tersebut Bupati menghadirkan 3 narasumber yang selama ini mendampingi Wonosobo melalui berbagai tahapan dan proses menuju Kota Hijau. Ketiganya adalah Nirwono Yoga, Eka Budianta, dan Muhamad Sulaiman, dari BPPI. Dari ketiganyalah, diperoleh penjelasan rinci mengenai sejauh mana pentingnya manfaat program Kota Hijau bagi masyarakat Wonosobo.

“Adanya program green city Wonosobo terbukti telah membawa perubahan cukup signifikan terhadap wajah Kota, serta kenyamanan untuk warganya,” beber Nirwono Yoga, konsultan ahli tata ruang dari Jakarta, yang selama ini mendampingi Wonosobo. Senada, baik Eka Budianta maupun Muhamad Sulaiman pun mengakui, program green city selayaknya diteruskan siapapun pemimpin Wonosobo kelak. “Akan sangat sayang bila program sebagus ini dihentikan, mengingat masih begitu banyak yang perlu diselesaikan,” pungkas Eka.

Sikap tegas terhadap perlunya kelangsungan program kota hijau ditunjukkan pula oleh Wakil Bupati, Maya Rosida. Maya yang mendapat giliran untuk menyampaikan closing statement, alias sambutan penutup, sepakat green city dilanjutkan. “Kita semua merasakan Wonosobo selama 5 tahun terakhir terus berbenah, menuju kota yang lebih tertata dan nyaman untuk semua warga,” tutur Maya. Selain lebih banyak ruang terbuka hijau untuk fasilitas rekreasi publik, Maya menyebut upaya pemerintah dalam mewujudkan terpenuhinya hak-hak asasi warga juga terus meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here