Market Place, Ajang Promosi UMKM dan Potensi Wonosobo

WONOSOBOZONE – Bank Negara Indonesia (BNI) tawarkan kerjasama kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo terkait dengan pemberdayaan ekonomi Daerah melalui perbankan. Salah satunya melalui program market place, yakni pasar online untuk menjual barang atau jasa UMKM yang dikelola Pemerintah Daerah.
Menurut Anggoro Budi Utomo, Advisor Transactional Banking Service BNI Wilayah Semarang, saat menjelaskan program di hadapan beberapa OPD, Selasa 18 Oktober di Ruang Tjokrohadisoerjo Setda, program kerjasama atau solusi ini dimaksudkan untuk mempermudah pengelolaan keuangan di Pemerintah Daerah Wonosobo agar lebih detil, akurat dan transparan, serta mempermudah masyarakat dalam menjalankan kwajibannya. “Kerjasama ini untuk mempermudah, memperlancar, dan memepermurah masyarakat dalam memberdayakan atau menjalankan kwajibannya terhadap pemerintah setempat”, terangnya.
Market place sebagai pasar online yang menjadi wadah bagi UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk sarana promosi penawaran, jual beli, jasa dan sebagainya, baik dipasar lokal maupun ke luar daerah, juga sebagai ajang untuk mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Wonosobo. Yang nantinya akan di naungi di Rumah Kreatif, yang berfungsi sebagai administrator, yang  infrastruktur dan sistem pembayarannya dilakukan melalui internet, yang akan disiapkan oleh pihak BNI, namun Pemkab sendiri diharapkan juga berperan aktif, dengan memiliki atau juga membuat Rumah Kreatif tersebut.
Program kerjasama ini menawarkan solusi bagi Pemerintah Kabupaten Wonosobo, diantaranya Smart City, ePBB (Pajak Bumi dan Bangunan), eCollection (Pajak Daerah lainnya), ePDAM (Pengelolaan Air Minum), BNI Direct Payment, dengan berbagai solusi yang tentunya akan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi online. 
Terkait kerjasama ini, Kepala Kantor Koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobo, Agus Suryatin menyampaikan, Pemkab sendiri masih perlu pemahaman dan penjajakan lebih detil, dengan melakukan pertemuan bersama OPD terkait untuk membahas dan mengkaji lebih lanjut seperti apa nantinya bentuk kerjasama yang tepat, dalam rangka meningkatkan dan mempermudah layanan bagi masyarakat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here