Manfaatkan Kemajuan Teknologi, Puskesmas Kalikajar 1 Launching ERM

WONOSOBOZONE.COM – Untuk menunjang mutu kualitas pelayanan medis, Puskesmas Kalikajar 1 Kabupaten Wonosobo mencoba memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mekanisme pelaporan pencatatan kesehatan pasiennya.

Keseriusan upaya tersebut terlihat saat di gelarnya launching Rekam Medis Elektronik (ERM) bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGASNAS) yang juga dihadiri oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo, Pimpinan OPD, Ketua TP PKK Kab. Wonosobo, serta sejumlah unsur Muspika Kalikajar di Puskesmas setempat, Senin (29/6/2020).

ERM yang baru pertama kali di Launching merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Melalui teknologi digital tersebut juga diharapkan akan memudahkan untuk mengeluarkan rekam medis pasien baik secara rekap maupun detail. Pun juga para dokter dapat dengan mudah mengakses data pasien melalui login serta password yang dimilikinya.

Ini merupakan yang pertama, mengingat di Kabupaten Wonosobo sendiri belum ada yang menerapkan sistemteknologi informasi tersebut baik Rumah Sakit, Klinik maupun Puskesmas. oleh karena itu Puskesmas Kalikajar 1 ingin menerapkan perwujudanteknologi informasi masa kini tersebut dengan membuat aplikasi rekam medis berbasis eletronik dengan nama “REMAJA CAKEP” Rekam Medis Kalikajar,” ungkap Kepala Puskesmas Kalikajar 1 Andre Setya Kurniawan ketika dihubungi wonosobozone.com melalui sambungan telpon.

Andre menyebut berdasarkan penilaian pengukuran indikator mutu dan kinerjapelayanan rekam medis selama 2 tahun ini, pelayanan rekam medisPuskesmas Kalikajar 1 selalu dibawah target yang diharapkan. Serta menemui sejumlah persoalan seperti, Hilangnya dokumen rekam medis, Pengembalian rekam medis yang kurang dari 24 jam. Waktu tunggu pelayanan rekam medis yang lama serta Kebutuhan kertas yang semakin hari semakin banyak.

Oleh karena itu pihaknya berinisiatif memunculkan sebuah solusi inovasi terbaru yangdapat menyelesaikan permasalahan tersebut yakni dengan membuat aplikasiteknologi informasi rekam medis elektronik.

BACA JUGA:  Merawat Keragaman, Memupuk Solidaritas Menuju Indonesia yang Inklusif dan Berkeadilan

Jadi ERM juga berfungsi untuk rekam medis yang tadinya berbentuk kertas menjadi bentuk digital (elektronik), yang biasanyakegiatan pencatatan pasien diatas kertas sekarang semuanya sudah terekamdalam sistem computer,” terangnya.

Melalui aplikasi REMAJA CAKEP, Andre berharap akan meningkatkan produkvitas
kualitas pelayanan rekam medis di Puskesmas Kalikajar 1 dari segi efisiensi
waktu pelayanan, efisiensi biaya dan tempat, mengurangi kesalahan, meningkatkan keselamatan pasien dan petugas, data yang saling berkesinambungan dan terintegrasi, serta mempercepat dalam pengambilan
keputusan medis.

Dengan hadirnya ERM ini masyarakat yang ingin berobat dapat dilayani secara cepat, serta diharapkan Puskesmas Kalikajar 1 dapat menjadi pilihan masyarakat untuk berobat,” pungkasnya. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.