Manfaatkan Bangunan Pasar Untuk Pameran dan Festival Kuliner

WONOSOBOZONE – Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh masyarakat untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Seperti yang dilakukan oleh Karang Taruna “Cakra Amarta” Kelurahan Selomerto, dengan kreatif mereka memanfaatkan bangunan Pasar Selomerto untuk melakukan kegiatan Pameran dan Festival Kuliner Kelurahan Selomerto, yang dilaksanakan selama 3 hari, 24-26 Agustus.

Disela sela pembukaan Pameran dan Festival Kuliner, Kamis sore (24/8), ketua Karang Taruna “Cakra Amarta”, Ari, menyampaikan bahwa agenda pameran dan festival kuliner ini merupakan agenda tahun kedua. “ini merupakan tahun kedua, semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan kelurahan Selomerto” ungkap Ari.

Ari juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kembali budaya lokal yang lambat laun mulai tergeser oleh kemajuan jaman. Seperti permainan tradisional, kesenian tradisional, dan sifat kegotong royongan masyarakat.

Pada kegiatan ini dipamerkan produk produk dari masyarakat kelurahan Selomerto, seperti lukisan karya warga. Untuk festival kuliner sendiri diikuti oleh 9 RW se Kelurahan Selomerto. Selain pameran dan festival kuliner, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pentas kesenian tradisional, seperti tari lengger, kuda kepang dan tari topeng, serta permainan tradisional.

Yang unik dari festival kuliner ini adalah setiap pengunjung yang akan membeli produk kuliner harus menggunakan kupon yang telah disediakan oleh panitia. “jika pengunjung ingin membeli produk kuliner, pengunjung harus membayar dengan kupon yang telah disediakan oleh panitia, kupon tersebut harus ditebus dengan harga 2 ribu, 3 ribu atau 5 ribu rupiah, karena festival ini juga dilombakan, jadi banyaknya kupon yang terkumpul oleh peserta festival kuliner akan menentukan sebagai pemenang festival”, pungkas Ari.

Sementara Kepala Kelurahan Selomerto, Edi Sugiharto, saat membuka acara menyampaikan apresiasi kepada warga Kelurahan Selomerto, khususnya Karang Taruna “Cakra Amerta”, sehingga acara ini bisa terlaksana. “ini merupakan kegiatan kreatif yang patut diapresiasi, karena kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan hal hal yang positif, serta bisa mengenalkan kepada masyarakat sekitar tentang eksistensi karang taruna “Cakra Amarta” dan Kelurahan Selomerto” pungkas Edi.    

BACA JUGA:  Jam Kerja Berkurang 4,5 Jam Per Minggu, ASN Diimbau Jaga Semangat Pelayanan Publik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.