Manfaat Jajar Legowo dan Minapadi

WONOSOBOZONE – Babinsa Koramil 08/Sapuran beserta PPL Sapuran melaksanakan droping ikan Nila kepada empat kelompok tani yaitu Rukun Tani, Karya Tani, Bendosari, Mangir, Rabu (30/8). Bibit ikan Nila bantuan dari BPI (Balai Pembibitan Ikan) Magelang bertempat di Desa Tempursari, Sapuran, Wonosobo.

 

Kapten Inf Iwan Nafarin menyampaikan pemberian bibit ikan Nila di harapkan menjadi sumber penghasilan baru bagi petani. Dengan membudidayakan Minapadi pada setiap kelompok tani yang mendapat bantuan. Tiap kelompok tani mendapat bantuan sejumlah 12 ribu bibit ikan nila, dengan luas lahan yang mereka garap bervariasi. Kita ketahui bersama sekarang sudah masuk musim kemarau, debit air mungkin sangat berkurang. Untuk itu petani harus bisa membaca situasi, sehinggausahatani minapadi sangatlah tepat, karena dapat meningkatkan pendapatan petani.Disamping itu sistem jajar legowo yang memberikan ruang yang luas  sangat cocok dikombinasikan dengan pemeliharaan ikan (minapadi legowo). Hasil ikan yang diperoleh mampu menutup sebagian biaya usahatani, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.


           Teknologi legowo merupakan rekayasa teknik tanam dengan mengatur jarak tanam antar rumpun dan antar barisan, sehingga terjadi tanaman akan mudah berkembang dan dapat mempermudah dalam penyiangan. Disamping itu sinar matahari juga dapat masuk ke sela tanaman dengan leluasa. Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan sistim jajar legowo. Namun kebanyakan petani masih merasa sayang dengan sela tanaman yang agak renggang. Dengan pemberian bibit ikan mungkin petani akan lebih menyadari, karena sela tanaman yang agak renggang bisa dijadikan ruang khusus untuk ikan berkembang. Dengan jajar legowo tanaman padi yang petani tanam, hasilnya akan meningkat. Komunikasikan segala sesuatu kepada PPL yang membidangi, sehingga ada kendala dilapangan akan segera bisa diatasi. Dengan kordinasi yang matang antara petani,PPL dan babinsa program swasembada pangan tercapai, dan tingkat kesejahteraan petani lebih meningkat, tutur Nafarin.

BACA JUGA:  Tahanan Narkoba di Magelang Coba Kabur Saat Mau Sidang

2 KOMENTAR

  1. Untuk mas admin…bisa minta web untuk ukuran bite perhalaman yg lebih kecil gk??
    Soalnya kami para perantau yg ada d Kalimantan terbatas pada jaringan berskala kecil,,jadi minta tolong untuk menyediakan web dgn ukuran minim data,tp ttep berita berkualitas…✌✌

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.