Mahasiswa UNSIQ Survey Bangunan Kodim

WONOSOBOZONE – Bangunan Kodim 0707/Wonosobo merupakan bangunan peninggalan jaman Belanda, yang sebagian kecil ruangannya sudah mulai ada pembenahan secara intern. Sebagai Komando Kewilayahan Kodim siap melaksanakan binter dengan masyarakat dan instansi sekitar. Termasuk dalam hal pendidikan, kerjasama yang dijalin Kodim dengan Civitas Akademika Unsiq Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Sehubungan dengan adanya Tugas Mata Kuliah Pencahayaan dan Penghawaan, pada Program Studi Teknik Arsitektur Fakultas Tehnik dan Ilmu Komputer UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, diadakan survay bangunan oleh Mahasiswa Unsiq selama 2 hari  mulai Rabu (25/5).
Perwira Seksi Personalia Kapten Inf Sutiyono menyambut baik atas kedatangan mahasiswa Unsiq untuk mengadakan survay bangunan publik termasuk didalamnya bangunan Kodim 0707/Wonosobo. Mahasiswa yang melaksanakan survay terdiri dari Awaludin soleh semester 6, Ida Fitri Riskiyana dan Lantri Purwasih semester 2 dari Fakultas Teknik Arsitektur Fakultas Tehnik dan Ilmu Komputer UNSIQ .
Sutiyono ( Pasi Pers ) mewakili Komandan Kodim 0707/Wonosobo berpesan laksanakanlah survay dengan baik, ini merupakan wahana pembelajaran diluar ruangan. Aplikasikan ilmu yang sudah diserap dengan keadaan yang ada dilapangan, sehingga akan mendapat hasil sesuai harapan. Yang nantinya akan menentukan Indek Prestasi (IP) masing-masing Mahasiswa.
Dari hasil survay yang diadakan dengan jeda waktu 15 menit oleh mahasiswa ditemukan hasil rata-rata kualitas bangunan sebagai berikut :
-       Suhu ruangan               : 25-27 derajat celsius.
-       Kelembaban                   : 40-50 derajat Fahrenhait.
-       Suhu Dinding Dalam    : 25-27 derajat celsius.
-       Suhu Dinding Luar       : 29-42 derajat celsius.
-       Suhu Udara                    : 27,7  derajat celsius
Untuk hari pertama survay yang dilaksanakan terdiri dari 8 ruangan dengan hasil rata-rata seperti yang tersebut diatas. Sedang alat yang digunakan berupa Infra Red Thermometer untuk pengukur suhu,  Thermo Anemo meter untuk Kelembaban, Environmen meter untuk kecepatan angin dan pengukur radiasi. Mahasiswa sangat  senang mengadakan survay di Kodim, disamping mempraktekan ilmu yang sudah didapat juga bisa beradaptasi dengan TNI yang sarat dengan disiplin. Setelah masuk di dalamnya ternyata personilnya sangat humanis dan humoris, sehingga kami sangat nyaman melaksanakan survay. Di samping mengaplikasikan ilmu yang didapat juga menambah teman serta pengalaman.  Slogan Kemanunggalan TNI-Rakyat bukan isapan jempol belaka, namun nyata adanya, tukas Awaludin dan kedua rekan mahasiswanya.
Reporter: ( Pendim 0707/Wsb )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here