Mahasiswa IPB Ciptakan Kripik Tulang Ayam Kaya Kalsium

WONOSOBOZONE – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan sebuah langkah inovatif dan kreatif dengan menciptakan cemilan sehat kaya kalsium yang berasal dari tulang ayam, kreatifitas mahasiswa IPB tersebut dituangkan dalam ajang program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan (PKMK). Inovasi tersebut diberi nama “Bone Chips” dengan mengusung tag line “Keripik Tulang Ayam Kaya Kalsium.”.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 

Ide menciptakan sebuah inovasi yang diberi nama Bone Chips tersebut dilatar belakangi oleh semakin banyaknya konsumsi ayam boneless atau ayam filet, dan juga semakin banyaknya pedagang sate yang dalam bisnis usahanya menghasilkan hasil sampingan yaitu tulang ayam yang belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Padahal tulang ayam mengandung protein sebesar 21.22% dan kalsium sebesar 1.69%. kandungan protein dan kalsium didalam tulang ayam tersebut tergolong tinggi, sehingga apabila dikonsumsi akan bermanfaat bagi tubuh. Tulang ayam yang digunakan dalam pembuatan Bone Chips adalah tulang ayam segar. Uniknya, Bone Chips memiliki tekstur yang renyah tidak seperti tulang ayam pada umumnya.

Penulis : Reyna Nadhiya Ulhaq

Editor : Wahyu Tri A

BACA JUGA:  SATPOL PP Canangkan Kawasan Tertib PKL dan Bebas PGOT
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.