Magelang-Wonosobo, Bersama Tanggulangi Bencana

WONOSOBOZONE – Bertempat di Tempat Pengungsian Akhir Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Sebanyak 70 peserta dari berbagi element, mulai instansi pemerintah, ormas, keagamaan, PWI, TNI, POLRI dan para relawan  Kecamatan-kecamatan di Wonosobo mengikuti Diklat Pelatihan Sukarelawan Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Wonosobo sampai tanggal 19 mei nanti.

“relawan harus mempunyai rasa kepedulian dan kemanusiaan yang tinggi, karena ke depan, para peserta dipersiapkan untuk menjadi relawan yang selalu tanggap darurat pada penanggulangan bencana di dalam maupun di luar daerah”, ungkap Kalakhar BPBD Wonosobo, Prayitno, S.Sos, M.Si di lokasi.

” hadir pula beberapa narasumber seperti dari BPBD Kabupaten Magelang, Kodim 0707, Polres, Dinas Kesehatan dan PMI Kabupaten Wonosobo”, tambah Prayitno

Sementara Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Wonosobo, Didik Wibawanto, S.Sos, MM, yang mewakili Bupati Wonosobo saat membuka acara menyampaikan  apresiasi positifnya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Apalagi wilayah Wonosobo memiliki kondisi geografis yang rawan bencana.

Menurut Kalakhar BPBD Kabupaten Magelang, Drs. Sujadi, Magelang dan Wonosobo mempunyai kesamaan geografis, Oleh karenanya perlu ada kerjasama dan tali silaturahmi yang erat dalam hal penanggulangan bencana. Selain itu, kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk saling tukar pengalaman dalam hal penanggulangan bencana.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta mendapat materi mengenai Membangun karakter kemanusiaan, peran relawan dalam aspek logistic dalam penanggulangan kebijakan logistic dan beberapa pengetahuan tentang kebencanaan. Peserta juga akan melakukan simulasi bencana yang dipimpinDanramil Kertek Wonosobo, Kapten Inf. Sugeng Hariyanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here