Luncurkan Tyovan Book Corner, Cita-cita Tyovan Untuk Tularkan Kecintaan Membaca

WONOSOBOZONE – Dinas kearsipan dan perpustakaan daerah (Arpusda) Wonosobo bersama komunitas Wonosobo Muda meluncurkan spot baru bernama Tyovan Book Corner atau pojok buku Tyovan di komplek gedung Perpusda, kamis (8/8). Agenda yang menghadirkan CEO HiApp dan Bahaso.com, Tyovan Ari Widagdo, menjadi salah satu momen penting bagi dirinya dan tanah kelahirannya, Wonosobo.

Book corner ini salah satu hal yang sebenarnya sudah saya cita-citakan sejak beberapa tahun lalu. ini juga sekaligsus pengingat bagi saya bahwa awal saya menapaki dunia yang sekarang saya geluti yaitu bidang Aplikasi diawali dari kerap main ke Perpusda. Bahkan saking betahnya, saya kerap di perpusda sampai waktunya tutup dan menunggu diusir,” ungkap Tyovan yang berkesempatan pulang di momen Idul Adha.

Tyovan mengungkap bahwa kesuksesannya tidaklah seperti yang dibayangkan banyak orang. Tak hanya berbekal melek teknologi IT di era itu, tapi semua diawali dari buku-buku yang ada di Perpusda. Beberapa buku pertamanya tentang entrepreneurship hingga IT juga didapatnya dari pinjam di Perpusda.

Semua sejarah berawal dari tempat saya berdiri ini. Bahkan saya masih ingat tempat buku di rak sebelah mana. Kemampuan belajar IT di waktu awal-awal dulu saya dapat dari dua sumber yakni dari internet dan perpusda. Dengan banyak fasilitas buku ketika belajar di sini, saya padukan dengan mencari di internet, waktu itu masih di warnet dan ada komunitas Never stop thinking Community (NSTC) berisi teman-teman SMA saya,” imbuhnya.

Satu buku yang membekas di benaknya adalah karya Hermawan Kartajaya yang didapatnya di Perpusda dan dari buku itu dirinya mulai belajar bisnis waktu duduk di bangku SMA. Pada tahun 2007 Tyovan menjadi duta wisata dan mendapat predikat duta buku.

BACA JUGA:  Jadwal Berubah, Karnaval Pembangunan Mundur Sehari


Saya sedang membuat Tyovan Foundation untuk bisa beri kontribusi lebih untuk Wonosobo. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Kami akan rutin sumbang buku ke perpus dan harapannya buku di pojok buku ini jangan jadi pajangan saja. Buku-buku yang saya taruh di sini adalah yang saya rekomendasikan,” ungkap Tyovan.

Ditanggapi Kepala Dinas Arpusda, Eko Yuwono, keberadaan spot baru di arpusda itu memang menjadikan Wonosobo Corner semakin lengkap dan harapannya bisa mendongkrak dan tingkatkan minat baca generasi muda. Apalagi sudah ada bukti bahwa mereka yang cinta buku seperti Tyovan bisa menuai sukses hingga level nasional, bahkan hitungkan di Internasional.


Sesuai dengan program perpusnas dan pusat untuk program literasi harus dikelola dengan hati. Tak hanya di kabupaten saja sampai pelosok desa. Sudah ada 12 desa didampingi dan di tiap kecamatan ada pendamping per kecamatan minimal di 4 desa program di perpusda ini direplikasi. Kebutuhan anak muda dan komunutas akan kami usahakan bantu. Mari berlama-lama dan berekreasi di perpusda. Dengan adanya Tyovan book corner ini juga agar bisa meningkatkan kapasitas kita dan inspirasi untuk kemajuan kita,” ungkap Eko. (AM/WZ)

Perpusda luncurkan spot baru Tyovan Book Corner untuk beri inspirasi generasi muda Wonosobo pada pencapaian CEO Bahaso dan HiApp di level nasional, kemarin (8/8). Foto Erwin/wonosobo
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.