LONGSOR MELANDA BEBERPA DESA DI KABUPATEN MAGELANG

MAGELANG – Beberapa titik terjadi tanah longsor akibat guyuran hujan yang terjadi sejak Minggu (17/3) hingga Senin pagi (18/3/2019).

Kepala BPBD Edy Susanto dalam keterangan persnya kemarin menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, beberapa rumah mengalami kerusakan dan beberapa akses jalan tertutup.

“Tanah longsor yang terjadi di Dusun Kalisat, Desa Paripurno, Kecamatan Salaman, menimpa tempat usaha pembuatan batu bata dan mengancam rumah milik Miftahudin (40) yang dihuni lima jiwa,” katanya.

Di Dusun Sumbersari, tanah longsor mengancam rumah milik Masikun (35) yang dihuni tiga jiwa. Di Dusun Dadapan, longsor mengancam Masjid Darul Falah dan menutup akses jalan dusun.

Di Dusun Berodan, Desa Kalirejo, tanah longsor menutup sebagian akses jalan Dusun Berodan-Gumuk. Longsoran tanah mengancam rumah Daiman (60) dengan lima jiwa.

Selain itu di Dusun Kobar, tanah longsor menutup akses jalan Kobar- Salaman. Di tempat itu juga mengancam empat rumah milik Qodim (50) dengan lima jiwa.

Keberadaan juga mengancam rumah Jumini (70) dengan posisi di atas tebing longsor. Juga mengancam rumah Teguh (32) dengan tiga jiwa. Selanjutnya mengancam rumah Slamet (45) dengan tiga jiwa.

Kades Kalirejo Agus Prasetyo mengimbau warga yang rumahnya di tempat rawan bencana longsor diminta untuk selalu waspada. ”Di dua tempat yang ada rekahan tanahnya sudah dilengkapi peralatan early warning system,” katanya. Di Dusun Gorangan Lor, Desa Kalisalak, Salaman, hujan lebat mengakibatkan keretakan bangunan rumah milik Rina Sari (42).

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Magelang, Didik Wahyu Nugroho, mengatakan, atas musibah di beberapa titik itu dilakukan penanganan darurat, kaji cepat, dan melakukan pembukaan akses jalan yang tertutup longsoran tanah. Sukarelawan yang diterjunkan di wilayah Kecamatan Salaman 150 orang, Sawangan 50 orang, Borobudur 50 orang. (yon-26)

BACA JUGA:  Taruna Taruni Akmil Kunjungi SMKN 1 Wadaslintang

Artikel dikutip dari suaramerdeka.com Penulis Eko Priyono Judul ‘longsor melanda sejumlah desa’, link
https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/175547/longsor-melanda-sejumlah-desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.