Lomba Tradisional Ramaikan Hari Jadi Wonosobo Ke 190



WONOSOBOZONE – Setiap tanggal 24 Juli Kabupaten Wonosobo melaksanakan peringatan Hari Jadi Kota Wonosobo.  Berbagai macam kegiatan dilaksanakan mulai dari acara sebelum hari jadi seperti ziarah ke para tokoh pendiri Wonosobo, doa bersama.  Dilanjutkan prosesi hari jadi pada tanggal 24 Juli bertempat di Alun – alun Wonosobo, lomba tradisional, festifal costum night carnival. Kodim 0707/wonosobo ikut berperan serta dalam setiap event, seperti membantu keamanan bersama Polri, Satpol PP.
Sedangkan untuk lomba tradisional Kodim 0707 ditunjuk sebagai penyelenggara lomba yang di ikuti oleh SMA se Kabupaten Wonosobo.  Adapun jenis  lomba diselenggarakan meliputi tarik tambang, dorong bamboo, jalan bakiyak beregu, jalan tongkat, dan jalan kelabang. Pelaksanaan lomba dilaksanakan siang hari setelah prosesi peringatan hari jadi selesai.
Tujuan diselenggarakannya lomba tradisional adalah untuk melestarikan budaya luhur bangsa ini. Karena kondisi saat ini permainan tradisional mulai tergeser oleh permainan – permainan modern. Untuk itu kita sebagai generasi muda agar peduli terhadap kebudayaan yang sudah diwariskan oleh para pendahulu kita.  Demikian penyampaian Pasi Ops Kodim Wonosobo Kapten Inf Sutiyo selaku penanggung jawab lomba pada saat penyerahan hadiah lomba.
Para pemenang lomba mendapatkan tropi dan uang pembinaan adapun sebagai juara lomba tarik tambang juara I SMKN Wadaslinang, SMA N Kaliwiro, Saka Wiara Kartika; lomba jalan bakiyak juara I SMA Kaliwiro, SMA Sapuran dan Saka Wirakartika.  Lomba Jalan kelabang ( Kaki seribu ) juara I SMA N Kaliwiro, SMKN Wadaslintang, Saka Wirakartika,; Lomba jalan tongkat juara I SMA Kaliwiro, SMK Wadaslintang, SMA Sapuran; lomba dorong bamboo juara I SMK Wadaslintang juara I SMA Kaliwiro dan Saka Wirakartika.
Ahmad Ridho, S.Kom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here