Lomba Pidato tedx antar SMA se Wonosobo

WONOSOBOZONE – Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan lomba TEDx (Pidato) tingkat SMU bertempat di Gedung Dieng Cinema Wonosobo. Perlombaan ini dalam rangka memeriahkan HUT TNI tingkat Kabupaten yang diikuti 47 peserta dari perwakilan SMU se – Wonosobo. Jumat(19/10)

Kasdim 0707/Wonosobo yang membuka acara lomba menyampaikan selamat bertanding semoga dengan perlombaan ini menumbuhkan kreatifitas di kalangan anak sekolah. Dengan adanya kreatifitas tersebut bisa menangkal dari kenakalan remaja dan menjadikan anak yang mempunyai daya imajinasi serta kreatifitas yang tinggi untuk menjadi penerus bangsa andalan negara.

Dengan adanya lomba ini diharapkan generasi muda lebih dekat dengan TNI. Perlombaan ini sebagai sarana media komunikasi kepada generasi muda agar lebih mengenal TNI. Karena saat ini untuk Wonosobo minat menjadi anggota TNI masih kurang.

Kapten Arm Budiyoto menyampaikan, Tema yang diusung dalam lomba Tedx ini adalah “Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia” dan “Perangi Berita Hoax”. Jumlah peserta yang mengikuti yaitu 47 anak yang terdiri dari 22 siswa dan 25 siswi. Dengan diadakannya pelaksanaan lomba ini kita berharap agar para peserta dapat dan mampu bersaing untuk meningkatkan kompetisi dan cinta Bahasa Indonesia. Untuk menghargai dan mencintai Bahasa Indonesia, kita tidak boleh hanya dengan belajar dan belajar. Namun siswa juga harus mampu mempraktikkannya dalam berbahasa Indonesia, seperti lomba pidato seperti ini.

“Apalagi kegiatan lomba pidato ini melibatkan siswa di Wilayah Kabupaten Wonosobo. Yang kebanyakan para siswanya masih dalam tahap perkembangan dan kurang berpengalaman dalam hal berpidato bahasa Indonesia, diharapkan para siswa yang mengikuti lomba kali ini dapat mengasah kemampuannya dan lebih percaya diri untuk mengikuti lomba yang tingkatnya lebih tinggi lagi.” ucapnya

BACA JUGA:  Bupati Dorong Smart City Terintegrasi Layanan Publik

Salah satu peserta bernama Ilham dari SMU di wilayah Wonosobo menyatakan bahwa dirinya sangat senang dengan acara seperti ini, karena dengan lomba pidato Bahasa Indonesia dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Ia berharap kepada panitia agar tahun – tahun berikutnya kegiatan seperti ini dapat terus diadakan untuk mengasah kemampuan para peserta.

Harapan dari para peserta agar penyelenggara lebih sering menyelenggarakan lomba seperti ini karena dengan adanya lomba maka para generasi muda merasa tertantang untuk lebih kreatif dan inovatif mengeluarkan ide – ide atau gagasannya serta untuk ajang menyalurkan pendapat sebagai sumbang saran kepada negara.

Husni selaku juri menyampaikan bahwa peserta lomba Tedx kali ini mempunyai kemampuan yang hampir merata, kesalahan mereka rata – rata adalah dalam penerapan bahasa yang tidak baku. Untuk itu dewan juri menyarankan kepada para guru pembina supaya lebih hati – hati dalam mengawasi anak didiknya saat mengikuti lomba khususnya penerapan bahasa.

Pemenang dalam lomba kali ini adalah Juara 1 putra atas nama Ahmad Fian Hiayat dari SMA N 1 Sapuran, juara 2 dari SMA Muhamadiyah atas nama Hafel Ridwan M, dan juara 3 dari SMK N 1 Sapuran atas nama Zainun Masnun. Sedangkan untuk kelompok putri Juara 1 putri dari SMA N 1 Wonosobo atas nama Maria Ulfa Chasanah,Juara 2 dari MAN 2 Wonosobo atas nama Fionita,Juara 3 dari SMA N 1 Kertek atas nama Rifki Isna Fadzila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.