LOMBA PBB CIPTAKAN ANAK MENJADI DISIPLIN

WONOSOBOZONE – Lomba PBB tahun 2017 tingkat Kabupaten Wonosobo untuk kategori SD dan SMA diselenggarakan selama 2 hari bertempat di gedung Sasana Adipura Wonosobo.  Untuk tingkat SD diikuti 30 peserta sedangkan untuk tingkat SMA diikuti 19 peserta.  Untuk tingkat SMA disamping lomba PBB juga diperlombakan Tata Upacara Sekolah (TUS).  Acara dibuka oleh Komandan Kodim 0707/Wsb Letkol Czi Dwi Hariyono. (23/3)
Dalam sambutannya Letkol Czi Dwi Hariyono menyampaikan selamat datang dan selamat bertanding. Lomba PBB tingkat SD dan SLTA, bertujuan untuk  membentuk karakter generasi muda yang disiplin, loyal, bertanggung jawab dan cinta tanah air. Dalam setiap pertandingan pasti ada yang menang ada juga yang kalah, jagalah sportivitas bertanding. Kedisiplinan akan menunjang keberhasilan seseorang,  moment ini sangat tepat di laksanakan. Agar para siswa mempunyai jiwa disiplin, sikap yang tegap dan tegas. Untuk menjadi disiplin awal mulanya harus di paksa, jika sudah membudaya akan terasa malu jika tidak melakukan yang terbaik. Ucapan terima kasih juga di sampaikan kepada Babinsa yang sudah melatih selama ini. Jaga sinergitas agar semua berjalan sesuai dengan harapan.

Senada diungkapkan oleh Enang Basuki selaku ketua penyelenggara bahwa tujuan diselenggarakan lomba untuk tingkat SMA adalah mencari perwakilan yang terbaik di tingkat Kabupaten untuk di jadikan duta bagi kabupaten Wonosobo di ajang tingkat Karisidenan Kedu.  Adapun untuk tingkat SD adalah sebagai ajang pembinaan dan pendidikan Nasionalisme dan Patriotisme. Pendidikan tersebut harus di tanamkan sejak sedini mungkin dan dilaksanakan secara terus menerus. Sedangkan untuk tingkat SMP saat ini belum dilaksanakan karena terbentur anggaran.  Tapi akan dilaksanakan bulan Agustus sekaligus untuk memeriahkan hari Kemerdekaan RI.

Materi yang dilomba PBB untuk tingkat SMA kali ini dibagi menjadi 2 aitem yaitu gerakan inti berjumlah 62 gerakan dan gerakan variasi berjumlah 11 gerakan. Adapun sistem penilaian untuk gerakan inti, adalah gerakan tersebut harus berurutan jika ada gerakan yang tertinggal dan diulang pada berikutnya, maka gerakan tersebut tidak mendapatkan nilai.

Rohmat selaku pelatih SMA 1 Wonosobo dan juga Purnawirawan Kodim mengatakan bahwa melatih PBB pada anak-anak mempunyai manfaat yang banyak sekali salah satunya  adalah belajar patuh pada aturan dan taat serta patuh kepada pimpinan, orang tua dan guru.  Dengan PBB dapat membentuk anak yang berbudi luhur berguna bagi bangsa dan negara,  manamkan rasa cinta tanah air, pembentukan karakter bangsa dan kedisiplinan, sehingga kami harapkan mereka dapat menularkan kemampuan baris-berbaris, kedisiplinannya kepada teman-temannya.  

Riantama selaku  Danton PBB SMA 1 menuturkan bahwa dia bangga bisa terpilih menjadi tim lomba PBB mewakili SMA.  Sejak mengikuti latihan PBB merasa senang karena tanpa didasari membentuk jiwanya untuk selalu bertingkah laku disiplin.  Apalagi dengan mengikuti lomba menjadi banyak teman.

Hasil dari lomba PBB tingkat SD sebagai juara I SDN Wilayu Selomerto, Juara II SDN Limbangan Watumalang, Juara III SDN 6 Wonosobo, juara harapan I SDN Kuripan Watumalang, juara Harapan II SDN Kalimendeng, Juara harapan III SDN Pungangan sedangkan untuk tingkat SMA saat berita dibuat belum selesai.
Pendim0707/Wsb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here