Lomba Macapat,Sebagai sarana Pelestarian Budaya

WONOSOBOZONE – Untuk menggali Bangsa Indonesia dengan Bahasa Jawa. Gabungan Organisasi Wanita (GOW) adakan Lomba Macapattingkat SD dan MI se Kecamatan Wonosobo pada kamis 9 April 2015 di gedung aula GOW sendiri yang berada di sebelah utara Sasana Adipura Kencana Kabupaten Wonosobo.

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

Dengan menghadirkan 3 juri yang diantaranya dari Dinas Kabupaten Wonosobo dan salah satu guru yang berasal dari Watumalang serta Padepokan Janti Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo.
Dalam rangka memperingati hari kartini yang ke 136, sebanyak 21 siswa – siswi ikut meramaikan Lomba Macapat ini. untuk kategori lomba meliputi intonasi, artikulasi serta kandungan nasehat ataupun pesan tersirat terhadap lagu yang dibawakan.
Menurut Nur Mulatsih selaku anggota GOW yang bergerak dalam Bidang Olahraga dan Kesenian, mengatakan bahwa lomba macapat ini baru pertama kali dilakukan oleh GOW dengan maksud untuk menggali potensi dari penerus bangsa melalui bahasa jawa dan juga mengajarkan kepada anak usia dini untuk bisa lebih mengenal bahasa daerahnya sendiri. rencana kedepannya lomba ini akan menjadi salah satu agenda tahuna dari GOW sendiri.
Nur Mulatsih juga berharap kedepannya siswa – siwi yang khususnya di Wonosobo bisa benar – benar memahami apa itu bahasa Jawa dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari dengan benar dan bukan dengan sesuatu yang salah kaprah. (ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here