Lomba Dokter Kecil dan KKR Tingkat Kabupaten Wonosobo

WONOSOBOZONE – Demi memilih wakil Kabupaten Wonosobo, di ajang lomba Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja (KKR) Tingkat Propinsi Jawa Tengah, yang rencananya akan digelar September 2016 mendatang, sebanyak 24 pelajar SD/MI dan SMP/MTs, serta SMA/MA sebagai perwakilan dari Puskesmas se-Wonosobo, diundang untuk mengikuti seleksi. Seleksi yang diformat dalam bentuk lomba cerdas cermat Dokter Kecil tingkat SD dan lomba KKR tingkat SMP tersebut digelar selama 3 hari kedepan, mulai Senin, 18 Juli 2016, di Gedung Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Wonosobo.
Mengawali proses seleksi tersebut, di babak penyisihan 24 siswa SD diwajibkan mengerjakan 40 soal tertulis, dan 15 soal di final, dengan batas waktu 20 detik per soal. Demi transparansi, para juri yang terdiri dari Dinas Kesehatan, PMI, RSUD, Kemenag, dan Dinas Pendidikan pun langsung membuka jawaban peserta per soal yang diberikan, dan mencantumkan skornya di papan yang tersedia. Jawaban benar bernilai 100, salah dinilai 0. Dengan sistem terbuka itu, setiap peserta akan langsung mengetahui hasil pekerjaannya, begitu mereka selesai mengerjakan soal.
Ketua panitia penyelenggara LCC Dokter Kecil dan KKR, Eko Suryantoro, mengungkapkan, bahwa upaya seleksi dengan model tersebut seiring dengan tujuan lomba, yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta prestasi siswa melalui pemahaman menjadi dokter kecil dan Kader Kesehatan Remaja. Selain itu, lomba tersebut juga memiliki tujuan untuk menciptakan siswa yang handal dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi dirinya sendiri, sekolah, hingga kepada keluarga dan lingkungan di sekitar mereka.
Pihaknya juga bermaksud mendorong para peserta agar lebih terbiasa dengan budaya kompetisi prestasi, sehingga kelak akan mampu bersaing di level yang lebih tinggi. Untuk keperluan lomba, Eko juga menjelaskan bahwa panitia meminta 24 Puskesmas yang ada di Kabupaten Wonosobo untuk mengirim 1 siswa SD/MI, dan 2 siswa SMP/MTs sebagai delegasi wilayah.
Diharapkan, dari proses seleksi yang digelar melalui LCC Dokter Kecil dan KKR tersebut, Kabupaten Wonosobo akan memiliki wakil yang benar-benar berkualitas. Dari seleksi itu pula, akan dipilih juara 1, 2, 3 Pa/Pi yang berhak atas hadiah dan Trophy. Bagi sang juara pertama, akan menjadi delegasi Kabupaten Wonosobo di lomba Tingkat Propinsi.
Harapan Eko yang juga Kepala Bagian Sosial dan Kesra Setda tersebut selaras dengan apa yang disampaikan Asisten Pembangunan Sekda, Amin Suradi. Dalam sambutan pembukaannya, Amin Suradi menegaskan perlunya para pelajar untuk memahami bagaimana pola hidup sehat yang baik dan benar secara komprehensif. Tak sekedar menjaga kesehatan diri, namun juga siap menjadi agen atau duta yang mampu memberikan sosialisasi di lingkungan sekitarnya, baik di sekolah maupun di masyarakat umum. Kepada para peserta yang akan mengikuti lomba, Amin juga berpesan agar mereka bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya, dan siap mengharumkan nama Kabupaten Wonosobo di LCC dan KKR tingkat Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here